Bagi Anda yang gemar mencicipi kuliner-kuliner khas nusantara, dan sedang berada di Solo. Tak lengkap rasanya jika belum menikmati kuliner khas kota ini. Solo tak hanya terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik tapi juga tempat jelajah kulinernya yang khas. Dikutip dari Detik Travel (Kamis, 29/1/2015), berikut ini lima tempat wisata kuliner asyik di Solo.

1. Bakso Alex

Tidak hanya Malang yang memiliki bakso enak dan lezat, namanya bakso Alex. Bakso Alex begitu populer di Solo karena menyajikan bakso yang sangat enak dan menggoyang lidah. Kelebihan dari bakso yang satu ini adalah rasa daging sapinya yang begitu kuat daripada tepung bakso itu sendiri, kuahnya segar cocok untuk sarapan ataupun sedang bersantai. Bakso Alex sudah membuka banyak cabang di Solo, salah satunya di Jl Gajah Mada, Banjarsari. Warung bakso ini buka setiap hari dari pagi hingga malam. Disarankan untuk datang sebelum pukul 15.00, karena biasanya menjelang sore bakso sudah mulai habis diburu pembeli.

2. Cafe Tiga Tjeret

Puas makan bakso, selanjutnya makan enak di Cafe Tiga Tjeret. Cafe ini menawarkan beragam menu khas angkringan yang dibalut nuansa modern. Jangan lewatkan, minuman wedangnya yang nikmat dan menghangatkan cocok untuk musim hujan seperti sekarang ini. Cafe Tiga Tjeret berlokasi di l Ronggowarsito No 97. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 01.00.

3. Timlo Sastro

Untuk menu makan siang, Anda bisa cicipi menu timlo segar yang mengenyangkan di Timlo Sastro. Timlo Sastro sudah terkenal di kalangan masyarakat Solo. Timlo merupakan makanan berkuah yang berisikan potongan-potongan lauk pauk, seperti ati ampela, telur, daging dan lain sebagainya Jl Pasar Gede Timur No 1-2.. Timlo Sastro buka setiap hari mulai pukul 6.30 WIB.

4. Sate Buntel

Bagi yang ingin ngemil-ngemil makanan gurih, bisa cicipi sate buntel. Sate buntel merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari daging kambing yang telah dicincang yang kemudian di buntal dengan lemak daging. Wasrung yang terkenal dengan sate buntalnya adalah Warung sate Ibu Hj Bejo terletak di Jl Sungai Sebakung 10, Lojiwetan.

5. Sosis Naga Widuran

Bagi penggemar sosis, jangan ketinggalan nikmati sosis naga yang ada di warung lesehan Widuran yang berada di Jl Sutan Syahrir, Widuran. Nikmati berbagai sosis dan jagung yang memiliki level pedas yang berbeda.(dea)