Meskipun suatu band sudah cukup dikenal dengan sebuah nama tertentu, kadang ada satu atau dua alasan yang membuat mereka memutuskan untuk berganti nama. Hal ini kadang bisa dibilang mengandung resiko yang cukup tinggi karena penggemar telah kadung familiar dengan nama lama yang dipakai mereka. Namun, di bawah ini adalah 5 band yang tetap sukses walaupun menggunakan nama baru.

 

1. Noah

noah4
Noah (sumber: istimewa)

Siapa tak kenal Noah? Band ini pertama kali dikenal masyarakat luas dengan menyandang nama Peterpan, salah satu tokoh fantasi yang diceritakan tak pernah beranjak dewasa. Peterpan segera mengambil hati penggemar musik Indonesia karena lagu-lagunya yang memang bagus. Namun tak disangka, Andika dan Indra memutuskan untuk keluar dari band ini dan menyebabkan nama baru harus diambil. Akhirnya, Ariel CS pun memutuskan untuk memakai Noah yang berarti nyaman, membuat ketenangan dan panjang umur sebagai sebutan baru mereka. Dengan nama baru ini, Noah tetap menjadi salah satu band Indonesia paling diidolakan khalayak.

2. Vierratale

Vierratale (sumber: istimewa)
Vierratale (sumber: istimewa)

Dibentuk pada tahun 2008, band yang beranggotakan empat anak muda berbakat Kevin Aprilio, Widy Soediro Nichlany, Raka Cyril Damar, Satryanda Wijarnako ini awalnya dikenal dengan nama Vierra. Dengan mengusung aliran powerpop yang fresh dan ringan, Vierra berhasil memikat pecinta musik Indonesia terutama yang masih berusia remaja. Tapi setelah 4 tahun berkarya, keempat personel band ini sepakat untuk mengubah nama grup mereka menjadi Vierratale yang berasal dari frasa Fairy Tale. Hal ini dilakukan karena para anggota band yang hit single pertamanya berjudul Ć¢??Dengarkan CurhatkuĆ¢?? ini untuk merubah imej mereka menjadi lebih dewasa, sesuai dengan keadaan mereka saat ini.

3. Yovie & Nuno

Yovie & Nuno (sumber: istimewa)
Yovie & Nuno (sumber: istimewa)

Perubahan nama band yang berasal dari Bandung ini sebenarnya tak terlalu signifikan. Mulanya disebut Yovie & The Nuno, kemudian berganti menjadi Yovi & Nuno saja seiring dengan keluarnya 3 personel, Gail, Ersta dan Rere. Berubahnya nama band yang didirikan oleh Yovie Widianto ini ditandai dengan keluarnya album baru yang berjudul The Special One tahun 2007.

4. Armada

Armada (sumber: istimewa)
Armada (sumber: istimewa)

Band yang pertama memasuki blantika musik Indonesia dengan merilis album berjudul Kekasih yang Tak Dianggap tahun 2007 ini mulanya memakai nama Kertas. Setahun kemudian, grup yang beranggotakan 5 orang ini memutuskan untuk berganti nama menjadi Armada. Tak dinyana, perubahan nama ini berpengaruh pada popularitas mereka. Armada mulai dikenal masyarakat Indonesia dan sampai saat ini masih mempunyai banyak fans.

5. Marvells

Marvells (sumber: istimewa)
Marvells (sumber: istimewa)

Nama Marvells pertama diambil dari buku yang berisi kumpulan nama-nama bayi, yang mempunyai arti sesuatu yang lebih baik. Pertamanya, band yang beranggotakan Yana, Idea, Donny dan Icom ini menggunakan nama The Cat dan sempat merilis sebuah album di bawah label Musica Studios. (alo)