Buat kamu pecinta musik sejati pasti memperhatikan bahwa tahun 90-an adalah masa-masa di mana dunia musik memiliki banyak musisi-musisi yang berkualitas. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa musik di tahun 1990 – awal 2000 adalah era musik terbaik. Apalagi sejak tahun 2000 ke atas musik seakan tak memiliki identitasnya sendiri. Banyak nama musisi yang timbul dan tenggelam dengan gampangnya dan tak memiliki ciri khas sendiri sebagai penanda generasi.

Memang, dekade-dekade sebelum tahun ’90 juga menghasilkan band-band yang melegenda seperti The Beatles atau Queen, namun tetap saja, musik tahun 90-an yang merupakan masa ‘penutup’ memiliki keunikan tersendiri yang membuat para penikmat musik tak bisa lepas dari nostalgia terhadap periode ini. Nah, di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa musik ’90-an dianggap sebagai dekade musik terbaik.

1. Musisi Terkenal Karena Memang Menjual Karya

Oasis, band 90-an yang walaupun kontroversial tetap menghasilkan karya yang berkualitas (sumber: istimewa)
Oasis, band 90-an yang walaupun kontroversial tetap mampu menghasilkan karya yang berkualitas (sumber: istimewa)

Sekarang ini, tak perlu memiliki kualitas yang benar-benar bagus untuk dapat menggebrak dunia bagus. Cukup keluarkan album dan tambahi dengan bumbu-bumbu sensasi, maka seseorang bisa dapat dengan mudah dikenal dunia. Hal ini sangat berbeda dengan tahun ’90-an di mana para musisi memang dikenal karena karya mereka, bukan dari kontroversi-kontroversi yang diciptakan.

2. Musikalitas Bagus

Sixpence None Richer (sumber: istimewa)
Sixpence None Richer (sumber: istimewa)

Kualitas musisi tahun ’90-an pun tak perlu diragukan lagi. Meskipun banyak juga yang membawakan aliran-aliran yang easy listening, musisi-musisi dekade ini mampu membuat musik yang tak ‘murahan’ meskipun gampang diterima telinga.  Tengok saja band seperti ‘Sixpence Non Richer’ yang meskipun lagu-lagunya memiliki chord yang sederhana namun tetap terdengar bagus.

3. Tak Hanya Modal Tampang

AB Three, salah satu girlband tahun '90-an (sumber: istimewa)
AB Three, salah satu girlband tahun ’90-an (sumber: istimewa)

Fenomena boyband dan girlband tak hanya hadir di tahun 2000-an. Sebelumnya di tahun ’90-an pun sudah banyak menampilkan grup-grup nyanyi yang berisikan cowok-cowok tampan atau cewek-cewek cantik. Namun, boyband dan girlband ini tak hanya bermodalkan wajah dan fisik yang nyaris sempurna. Mereka juga benar-benar memiliki talenta di bidang musik sehingga mampu menghasilkan karya-karya yang tetap enak didengar.

4. Mampu Menciptakan Lirik yang Bagus dan Variatif

Java Jive (sumber: istimewa)
Java Jive (sumber: istimewa)

Tak hanya mampu menghasilkan lagu-lagu cinta yang indah, musisi-musisi tahun ’90-an pun mampu menuliskan lagu-lagu yang tetap menyentuh dengan tema yang bermacam-macam, seperti kehidupan dan kemanusiaan. Tengok saja lagu Gadis Malam milik Java Jive yang menceritakan tentang kehidupan seorang gadis yang terjerumus di lembah hitam prostitusi.

5. Penggemar Musik Mampu Menyeleksi

Pendengar mampu menyeleksi (sumber: istimewa)
Pendengar mampu menyeleksi (sumber: istimewa)

Salah satu hal terpenting yang juga berpengaruh pada kualitas musik dekade ’90-an adalah karena penggemar musik di periode itu juga tak mau begitu saja menerima musik-musik yang tak berkualitas. Mereka jauh lebih kritis dan ini tentu saja berpengaruh pada musik yang dipasarkan oleh label-label yang menguasai industri musik. (alo)