Sebagai kota yang letaknya tak jauh dari Ibu Kota, Bogor selalu dijadikan tempat untuk menghabiskan akhir pekan bagi para warga Jakarta dan sekitarnya. Keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan kota ini memang mengundang banyak wisatawan untuk berkunjung. Selain tempat wisata yang modern, Bogor juga memiliki tempat wisata alam yang wajib dikunjungi, diantaranya adalah Curug Baliung dan Curug Kencana. Kedua curug ini merupakan curug rahasia.

Dikatakan rahasia karena belum banyak pengunjung yang mengetahuinya. Sehingga ketika Anda kesini sebelum banyak yang tahu maka Anda akan sangat beruntung karena kedua curug ini menawarkan pesona alam yang memukau. Air terjun curug ini pun sangat bening dan bersih.

Dikutip dari Detik Travel (Minggu, 1/2/2015), lokasinya masih sejalur dengan Leuwi Hejo dan Curug Barong. Cari saja Kampung Wadung yang berlokasi di desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Anda akan menemukan dua surge terpencil ini di tengah-tengah lebatnya hutan.

Walaupun kedua curug ini tidak terlalu tinggi, alirannya begitu tenang dan suasananya pun begitu sepi jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota besar.

Perjalanan menuju curug ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melewati jalan setapak dengan pohon-pohon di sekelilingnya. Jalanannya naik kadang turun, sesekali melewati aliran sungai. Setelah melewati itu semua Anda akan menemukan keajaiban alam lainnya yang terletak di kota hujan.

Meskipun Anda tidak bisa merasakan rasanya dipijat langsung oleh terpaan air terjun ini, setidaknya Anda masih bisa sesekali bermain air curug yang dingin dan menyejukkan. Anda bisa bersantai dan menikmati teduhnya kawasan sekitar curug.

Disarankan untuk membawa bekal sendiri karena jarang adanya warung atau took ketika sudah mendekati kawasan curug. Selamat berlibur.