Kebersihan pada area intim seperti miss v pada wanita sangatlah penting agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap dan lebih bersih. Untuk membuat miss v lebih bersih, seringkali wanita mencari produk-produk kebersihan tertentu sehingga tak jarang tanpa sadar wanita m=justru membahayakn daerah organ intim kewanitaan.

Membersihkan vagina berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah yang bisa berujung fatal. Dikutip dari Health Me Up (Minggu, 1/2/2015), berikut ini permasalahan yang timbul akibat terlalu sering membersihkan miss v.

1. Merusak Keseimbanagan Flora

Terlalu sering membersihkan dan menyiram Miss V secara berlebihan dapat mengubah keseimbangan pH dan konsentrasi mikroba yang ada pada vagina, hal ini bisa menyebabkan vagina mudah terserang bakteri.

2. Penyakit Radang Pelvis

Membersihkan miss v secara berlebihan juga dapat memicu peradangan pelvis (PID). PID adalah infeksi yang terjadi pada uterus, tuba falopi, dan ovarium wanita.

3. Kanker Serviks

Mungkin Anda berniat untuk melindungi diri dari kanker serviks dengan cara rajin membersihkannya. Namun Anda perlu tahu terlalu sering dan berlebihan membersihkan vagina justru dapat meningkatkan resiko Anda terkena kanker serviks. Bersihkan sewajarnya saja dan cek ke dokter jika mulai mengalami gejala aneh agar Anda bisa mengetahui secara dini sedang terkena kanker serviks atau tidak.

4. Komplikasi Kehamilan

Jika Anda membersihkan organ wanita secara berlebihan ini bukannya baik untuk Anda malah membuat kesuburan Anda jadi semakin menurun. Kemungkinan anak lahir dengan cacat pada saat ibu melahirkan dan membuat bayi memiliki badan yang sangat ringan daripada yang seharusnya.

Sudah jadi tuugas wanita untuk selalu memperhatikan organ kewanitaannya. Namun perlu diperhatikan sesuatu yang dirawat berlebihan akan berdampak tidak baik. Jangan terlalu banyak menggunakan bahan kimia apalagi di bagian yang sensitif.(dea)