Ada Anjing yang Tak Bisa Menggonggong

Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat dekat dengan manusia. Saat bermain, berekspresi senang, atau saat sedang marah anjing biasanya mengekspresikanya dengan menggonggong. Namun, ternyata ada anjing yang tidak bisa menggonggong, yaitu anjing Basenji. Lalu bagaimana anjing Basenji mengekspresikan rasa senang dan marahnya?

Dilansir dari Sainsme, Senin (2/2/2015),  anjing Basenji ini cukup terkenal karena tidak memiliki kemampuan untuk menggonggong hingga dijuluki dengan â??voiceless dogâ? atau â??barkless dogâ? alias anjing tanpa suara. Uniknya, karena tidak bisa menggonggong, pada saat mengekspresikan rasa senang atau marah, ia justru akan mengeluarkan suara seperti manusia tertawa atau menangis. Keunikan lainnya dari anjing ini adalah tingkah lakunya yang seperti kucing, seperti menjilat-jilati tubuhnya hingga termenung berdiam memandangi jendela.

Ukuran tubuh anjing Basenji ini dapat dibilang kecil, dengan tengkorak datar dan panjang serta moncong yang bulat. Tinggi tubuhnya 40 sampai 43 cm dengan berat 10 sampai 11 kg. Bulunya pendek dan halus teksturnya. Kaki, dada, dan ujung ekornya berwarna putih, sementara warna bulu yang lain adalah cokelat kemerahan, hitam, atau hitam dan cokelat.

Anjing Basenji merupakan salah satu ras anjing tertua di dunia. Berasal di Afrika Tengah, Basenji sering diberikan sebagai hadiah untuk para Firaun pada masa Mesir kuno. Setelah Peradaban Mesir berhenti, Basenji masih sering dipelihara di Afrika Tengah untuk keperluan berburu. Anjing Basenji ditemukan kembali oleh penjelajah Inggris pada abad ke-19 meskipun tidak banyak dipelihara dan dikembangbiakkan sampai tahun 1940-an. Pada tahun 1980, Anjing Basenji hampir punah karena sindrom fanconi yang merupakan penyakit keturunan diantara ras mereka.

Jika kamu ingin memelihara anjing namun tak ingin merasa berisik karena gonggongannya, maka kamu bisa coba untuk memelihara anjing Basenji ini. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Alasan Kita Ngantuk Setelah Makan

Ultah, Harry Styles Didatangi 2 Mantannya