Tontonan-tontonan animasi atau sering kali disebut kartun sering dianggap sebagai tayangan khusus buat anak kecil. Wajar saja, visual yang warna-warni dan cerita tayangan animasi biasanya bersifat sederhana dan kurang menarik minat penonton yang berusia lebih dewasa. Namun ternyata banyak juga serial animasi yang memiliki kisah lebih mendalam dan kompleks serta cocok ditonton untuk penonton remaja maupun dewasa. Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia beberapa di antaranya yang wajib ditonton oleh kamu pecinta serial.

1. Adventure Time

adventure time
Adventure Time

Adventure Time memiliki tokoh yang mungkin sudah familiar di mata kamu: seorang manusia, Finn dan anjingnya yang bernama Jake. Serial ini menceritakan tentang petualangan sehari-hari yang dialami oleh mereka berdua. Walaupun ditujukan untuk anak-anak, Adventure Time juga cocok disaksikan oleh orang dewasa karena petualangan mereka yang pasti seru untuk diikuti. Dialog-dialog di Adventure Time juga cukup mengocok perut. Tak hanya itu saja, serial ini juga sering memasukkan unsur video game yang menjadi nilai lebihnya.

2. Archer

Archer
Archer

Meskipun merupakan animasi, serial yang merupakan parodi kehidupan agen rahasia ini ditujukan untuk pecinta serial yang sudah cukup umur dan tidak cocok ditonton anak-anak. Memiliki tokoh utama bernama Archer Sterling, agen rahasia yang hobi menggoda perempuan, serial ini memiliki humor yang lucu sekaligus cerdas. Tingkah Archer yang sedikit â??ngacoâ?? ini sering membuatnya dimarahi oleh atasannya yang juga ibu kandungnya.

3. Daria

Daria
Daria

Seperti Archer, serial ini memiliki judul yang diangkat dari nama tokoh utamanya, Daria Morgendorffer. Tak seperti remaja lain seusianya, Daria memiliki sifat yang serius dan gemar mengobservasi lingkungan sekitarnya. Daria bahkan terkesan sedikit misantropis atau tak suka berada di dekat-dekat manusia lainnya, dan ini membuat serial ini menjadi menarik karena Daria seringkali melontarkan komentar-komentar sarkastik terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Selain itu, serial ini juga memiliki kritik tentang pop culture dan kesenjangan sosial yang dapat membuat kita jadi berpikir kritis terhadap lingkungan di sekitar.

4. King of the Hill

King of the Hill
King of the Hill

King of the Hill adalah salah satu serial animasi yang memiliki plot yang benar-benar berputar di kehidupan sehari-hari orang-orang dewasa beserta permasalahan-permasalahannya seperti pekerjaan, hidup pernikahan serta bertambahnya umur. Tak seperti banyak serial sejenis, serial yang tayang selama 13 musim ini tidak terlalu menyajikan banyak sarkasme dan lebih menekankan humor yang sederhana namun tetap lucu dan bisa dinikmati.

5. Spongebob Squarepants

Spongebob Squarepants
Spongebob Squarepants

Siapa yang tak kenal Spongebob Squarepants? Keabsurdan yang dimiliki oleh Spongebob dan teman-temannya membuat serial ini merupakan tayangan wajib tonton. Karakter-karakter di serial ini bervariasi, mulai dari Spongebob dan Patrick yang lugu dan kadang sedikit bodoh, Squidward yang penggerutu serta Mr. Krab yang mencintai uang, serial ini mengajarkan tentang bagaimana hidup bisa menjadi lebih indah dengan adanya persahabatan, kebersamaan, serta pikiran yang sederhana. (alo)