Hari ini, Rabu tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Dalam rangka memperingatinya, beberapa musisi Tanah Air ikut men-support para pasien kanker dengan mempersembahkan sebuah lagu berjudul “Jangan Menangis”.

Beberapa musisi tersebut antara lain adalah vokalis band Zigaz, Zyan, lalu ada pula penyanyi jebolan Indonesian Idol Mike Mohede, Ruri Repvblik, Aji Dygta, Temon, dan Felicia Angelista. Mereka menjadi pengisi suara yang dipersembahkan bagi para pasien kanker sedunia.

“Semangat saja untuk pasien-pasien kanker, jangan bersedih, jangan menangis, jangan menyerah,” pesan Zyan Zigaz seperti dilansir dari Okezonecom, Rabu (4/2/2015).

Lagu “Jangan Menangis” sendiri seolah menjadi semangat bagi para pasien kanker, karena lirik dan musik yang didendangkan mampu menumbuhkan motivasi tersendiri bagi mereka.

“Saya senang banget lagu ‘Jangan Menangis’ ini bermanfaat buat yang menderita supaya tetap semangat bisa survive,” kata Temon.

Peringatan Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari ini memang sudah dilakukan sejak tahun 2005. Peringatan yang dimotori oleh International Union Against Cancer (UICC, konsorsium global beranggotakan lebih dari 280 organisasi anti-kanker di 90 negara) ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker, dan meningkatkan langkah pencegahan, deteksi dini, maupun pengobatannya.

Peringatan Hari Kanker Sedunia ini dirasa perlu mengingat saat ini penyakit kanker masih menjadi permasalahan yang serius di seluruh dunia, baik di negara-negara yang sudah maju, terlebih lagi pada negara-negara yang masih berkembang.

Menurut data terakhir yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2004, penyakit kanker menduduki urutan pertama sebagai penyebab kematian dengan jumlah kematian mencapai 7,4 juta jiwa atau 13 persen dari total kematian. Dari jumlah tersebut, dua pertiga penyakit ini terjadi di negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia. (tom)