Tidur adalah kegiatan yang diperlukan tiap manusia untuk mengistirahatkan tubuhnya setelah lelah seharian beraktivitas. Manfaatkanlah semaksimal mungkin waktu tidur Anda agar tidak mengalami masalah kesehatan. Sebisa mungkin jangan begadang di malam hari.

Dialnsir Metro (Kamis, 5/2/2015), sebuah laporan yang berasal dari National Sleep Foundation di Amerika Serikat mengabarkan waktu tidur yang ideal bagi seseorang dalam sehari. Laporan tersebut menjelaskan durasi-durasi yang seharusnya dijalankan sembilan kelompok usia mulai dari usia bayi yang baru lahir yang sangat membutuhkan waktu tidur yang lama hingga orang dewasa yang hanya perlu waktu tidur yang sebentar.

Charles Czeisler, ketua dari National Sleep Foundation menekankan pentingnya penemuan baru ini, karena jutaan orang sudah mempercayakan lembaga ini untuk mendapatkan rekomendasi waktu tidur yang tepat.

“Rekomendasi baru membantu individu membuat jadwal tidur yang sehat. Ini juga berfungsi sebagai titik awal yang berguna bagi individu untuk mendiskusikan tidur mereka dengan penyedia layanan kesehatan,” ujar David Cloud, CEO dari National Sleep Foundation.

Adapun gambaran rekomendasi durasi tidur yang ideal yang sehat dari National Sleep Foundation adalah seperti berikut:

1. Bayi baru lahir (0-3bulan): 14 sampai 17 jam sehari

2.  Bayi (4-11 bulan): 12 sampai 15 jam per hari

3. Balita (1-2 tahun): 11 sampai 14 jam per hari

4. Anak-anak prasekolah (3-5 tahun): 10 sampai 13 jam per hari

5. Anak usia sekolah (6-13 tahun): 9 sampai 11 jam per hari

6. Remaja (14-17 tahun): 8 sampai 10 jam per hari

7. Dewasa muda (18-25 tahun): 7 sampai 9 jam per hari

8. Dewasa (26-64 tahun): 7 sampai 9 jam per hari

9. Dewasa lebih tua (di atas 65 tahun): 7 sampai 8 jam per hari

Rekomendasi waktu tidur ini sudah melalui penelitian yang panjang yang dilakukan NSF. Jika waktu tidur tercapai dengan baik maka kualitas hidup juga akan semakin membaik. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, itu bisa jadi merupakan tanda Anda memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini berdasarkan studi terbaru di Cina.(dea)