Di antara negara-negara yang produktif dalam membuat film horor, nama-nama seperti Jepang atau Thailand pasti menjadi favorit kamu-kamu yang menyukai film-film yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Namun jangan salah, Indonesia pun tak kalah dalam membuat film jenis ini. Bahkan sudah ada beberapa judul film horor buatan anak bangsa yang reputasinya berhasil mendunia. Ini dia daftarnya seperti yang dirangkum dari muvila.com.

1. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang
Pintu Terlarang

Walaupun di Indonesia sendiri antusiasme terhadap film ini bisa dibilang tak terlalu tinggi, namun di luar negeri sendiri ‘Pintu Terlarang’ berhasil menarik perhatian. Film karya Joko Anwar yang diangkat dari novel karangan Sekar Ayu Asmara ini sukses meraih penghargaan ‘Best Film’ di Puchon International Fantastic Film Festival 2009 yang diadakan di Korea. Selain di Korea, di tahun yang sama ‘Pintu Terlarang’ juga berpartisipasi dalam festival film kelas dunia lainnya seperti Bangkok International Film Festival dan Rotterdam International Film Festival. Tak sampai di situ, film yang dibintangi Fachri Albar dan Marsha Timothy ini juga masuk dalam daftar film 100 film terbaik versi majalah Inggris ‘Sight and Sound’.

2. Rumah Dara

Rumah dara
Rumah dara

Film yang dibuat oleh The Mo Brothers ini merupakan film horor yang dipenuhi adegan-adegan slasher yang penuh darah dan tentu saja sadis. Bahkan kebrutalan yang terdapat di film ini membuat Malaysia melarang pemutaran ‘Rumah Dara’ di negeri jiran tersebut. Walau begitu, di negara-negara lain sambutan terhadap penayangan ‘Rumah Dara’ cukup besar. Film yang secara internasional berjudul ‘Macabre’ ini ditayangkan di sejumlah wilayah di Eropa dan Amerika Serikat. Tak sampai di situ, Shareefa Daanish yang tampil di film ini sebagai Dara pun berhasil mendapat piala ‘Best Actress’ pada Puchon International Fantastic Film Festival tahun 2009 untuk perannya ini.

3. Kala

Kala
Kala

Film ‘Kala’ yang juga digarap oleh Joko Anwar ini cukup banyak mendapat tempat di festival-festival film internasional. New York Asia Film Festival memberi penghargaan ‘Jury Prize’ untuk film ini di tahun 2007 dan di tahun yang sama Berlin Asia Hotshot pun menganugerahkan gelar ‘Best Film’ untuk film yang bertemakan dystopian world ini. Selain itu, ‘Kala juga diputar di Puchon International Fantastic Film Festival 2007, Vancouver International Film Festival 2008, Hong Kong Asian Film Festival 2007, Osian Cinefan Film Festival 2007 serta Bangkok International Film Festival 2007.

4. Modus Anomali

Modus Anomali
Modus Anomali

Joko Anwar memang produktif dalam menghasilkan film-film horor/thriller yang memiliki kelas dunia. Kembali dengan film ‘Modus Anomali’ pada tahun 2012, film ini berhasil menyisihkan 23 proyek film dari berbagai negara dan menerima penghargaan ‘Bucheon Award’ dari Network of Asian Fantastic Film (NAFF). Tak hanya itu saja,  film ini pun berhasil diputar di World Premiere, SXSW Austin Film Festival 2012, Texas, Amerika Serikat.

5. Takut: Faces of Fear

Takut
Takut

‘Takut: Faces of Fear’ ini adalah film antologi horor Indonesia yang dirilis tahun 2008. Film ini terdiri atas 6 film pendek yang memiliki kisah berbeda-beda namun tetap menegangkan. ‘Takut’ berhasil ditayangkan di International Film Festival Rotterdam tahun 2009. (alo)