‘Mortdecai’ adalah film keluaran Amerika yang disutradarai oleh David Koepp dengan skenario yang ditulis oleh Eric Aronson. Film yang mendapuk beberapa bintang Hollywood seperti Johnny Depp, Gwyneth Paltrow dan Ewan McGregor ini diadaptasi dari buku antologi berjudul ‘Don’t Point That Thing at Me’ karangan Kyril Bonfiglioli.

Sinopsis Film ‘Mortdecai’

Tokoh utama film ini bernama Lord Charlie Mortdecai (Johnny Depp), seorang pedagang barang-barang antik yang eksentrik dan memiliki kumis yang lebat. Suatu hari, Mortdecai pergi menemui mafia bernama Fang untuk menjual sebuah vas kuno. Saat hendak mengambil uang pembayaran, Fang mengingatkannya bahwa Mortdecai pernah menjual barang antik dengan harga lebih mahal dari yang sebenarnya, dan untuk itu Fang hendak membalas dengan mengoleksi jari tangan Mortdecai. Terjadi pergulatan di sini, namun Mortdecai akhirnya berhasil melarikan diri.

Kembali ke London, Mortdecai dan istrinya, Johanna (Gwyneth Paltrow) menghadapi keadaan terjebak utang yang melilit. Kesempatan untuk lepas dari jeratan utang ini datang dari Inspektur Alistair Martland (Ewan McGregor). Martland yang sudah sejak SMA mencintai Johanna sedang berkutat di kasus hilangnya lukisan Goya. Dia membutuhkan bantuan Mortdecai untuk menemukan lukisan itu. Jika lukisan tersebut berhasil ditemukan, Martland akan menjualnya ke seorang dealer lukisan bernama Milton Krampf dan Mortdecai akan mendapat bagian 10 persen dari penjualan tersebut.

Di sinilah petualangan Mortdecai untuk mencari lukisan tersebut dimulai. Usahanya tersebut ternyata tak segampang yang dibayangkan sebelumnya karena ternyata ada pihak lain yang juga sedang mengincar lukisan Goya tersebut, salah satunya adalah seorang mafia Rusia bernama Romanov dan ketiga anak buahnya. Mortdecai pun masih harus menghindari Fang yang masih mengejar-ngejarnya.

Detail Film ‘Mortdecai’

Sutradara: David Koepp

Produser: Christi Dembrowski, Johnny Depp, Andrew Lazar

Pemain: Johnny Depp, Ewan McGregor, Gwyneth Paltrow, Paul Bettany, Olivia Munn, Jeff Goldblum

Genre: Komedi

Durasi: 106 menit

Tanggal Rilis Perdana: 23 Januari 2015

Rumah Produksi: Lionsgate