Siapa sih yang tak ingin pergi keliling dunia? Semua orang pasti pernah memimpikan hal tersebut. Bisa berkunjung ke negara-negara baru yang belum pernah didatangi dan melihat keindahan alamnya yang memukau. Namun masalahnya, berkeliling dunia itu butuh dana yang tak sedikit bukan?

Tapi tak perlu risau, karena masih banyak jalan menuju Roma. Banyak cara yang bisa dilakukan agar liburan tetap hemat dan menyenangkan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini empat tips hemat berkeliling dunia.

1. Tinggal di Rumah Penduduk

Tinggal di rumah penduduk bisa jadi siasat untuk Anda yang ingin liburan hemat. Jika Anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan pemilik rumah, Anda bisa saja mendapatkan penginapan gratis. Hal seperti ini biasa disebut dengan House Sitting. Kegiatan House Sitting sudah banyak dilakukan di benua Eropa, dimana para petualang hanya dikenakan biaya US$ 20 per malam. Anda jadi bisa lebih berhemat bukan?

2. Pesan Tiket Pesawat Lebih Awal

Pemesanan tiket ke luar negeri kadang memiliki harga yang tak menentu. Kadang harganya bisa naik, kadang juga sangat turun. Untuk itu Anda bisa menyiasatinya dengan membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari karena harganya bisa jauh lebih murah dibanding beli saat mendekati waktu keberangkatan.

3. Couchsurfing

Situs ini biasanya digunakan banyak orang yang ingin berkeliling di berbagai negara karena bisa menjalin silahturahmi dengan orang-orang dari negara lain. Peserta couchsurfing biasanya akan menawarkan tempat tinggal mereka bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi negara tertentu. Jika Anda beruntung, Anda bisa dapat tempat tinggal dan makan gratis. Jadi bisa hemat lebih banyak kan..

4. Lakukan Perjalanan Santai

Jika melakukan perjalanan wisata ke berbagai negara, santai saja dan jangan terburu-buru. Anda bisa berjalan-jalan sambil berjalan kaki untuk bisa memandangi tiap sudut kota yang Anda kunjungi, ini juga bisa menghemat biaya transportasi jadi tak terlalu banyak.

5. Kartu Telepon

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun bisa juga Anda pertimbangkan untuk menghemat pengeluaran mendadak untuk menelepon. Gunakan kartu lokal yang sesuai dengan negara yang Anda kunjungi.

(dea)