Rasa kanttuk mudah meneyrang siapa saja, terutama pada siang hari. Jika sudah menyerang pasti rasanya sangat sulit ditahan bukan? Rasa kantuk akan merepotkan ketika Anda sedang belajar atau bekerja. Namun ada sejumlah trik yang bisa digunakan untuk mengusir rasa kantuk Anda.

Dikutip dari shape.com (Minggu, 8/2/2015), berikut ini lima trik yang bisa digunakan.

1. Kenakan Parfum Lemon

Peneliti menemukan bahwa mengenakan parfum lemon atau jeruk di siang hari akan meningkatkan hormon yang berfungsi untuk membuat kita terjaga dan berkonsentrasi meningkat. Perubahan mood  pun akan meningkat ketika kita mencium aroma segar dari lemon atau jeruk ini.

2. Dapatkan Sinar Matahari

Menurut Russel J. Reiter, seorang penulis sebuah penelitian mengatakan, penting sekali bagi orang yang bekerja dalam ruangan untuk mendapatkan sinar matahari karena dapat meningkatkan suasana hati, kualitas tidur, dan energi.

3. Lihat Warna Merah

Menurut peneliti, warna terang dapat memberikan dampak untuk mengaktifkan rasa awas dan meningkatkan keterjagaan seseorang. Sebuah penelitian menjelaskan seseorang yang melihat instruksi berwarna merah akan lebih aktif dan enerjik. Jadi gunakan warna merah untuk membuat Anda tetap terjaga. Namun jangan terlalu berlebihan, karena warna merah yang berlebihan akan membuat seseorang merasa tertekan dan terintimidasi.

4. Meditasi

Lakukanlah meditasi agar tubuh jadi lebih rileks. Ketika rileks kita dapat mengumpulkan kembali energi yang hilang dan meningkatkan produktivitas. Meditasi juga dapat meningkatkan kreativitas dan memori. Membuat pikiran lebih tenang.

5. Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet di saat mengantuk dapat meningkatkan mood yang lebih baik dan tingkat awas yang lebih tinggi. Selain itu bisa meningkatkan fokus seseorang lebih lama. Kunyahlah permen karet yang bebas gula agar terhindar dari sakit gigi dan penyakit diabetes ya.(dea)