Di tengah maraknya film bergenre cinta maupun horor, film bertema nasionalisme hadir untuk memberikan nilai edukasi positif bagi para penontonnya.

Film dengan tema nasionalisme mengajarkan kita agar lebih mencintai Tanah Air. Sebagai warga Indonesia, kita harus tetap menjunjung tinggi kesatuaan dan kedaulatan negara. Berikut 5 film bertema nasionalisme terbaik versi JB.

1. Garuda di Dadaku

film_garuda_di_dadaku
Garuda di Dadaku

Berbicara soal film nasionalisme terbaik, Garuda di Dadaku menjadi tontonan yang pas dengan tema tersebut. Film arahan sutradara Ifa Isfansyah ini menampilkan nilai nasionalisme para pemain, khususnya Bayu yang diperankan oleh Emir Mahira. Bayu sendiri adalah bocah berusia 11 tahun yang punya tekad kuat untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional dan bermain untuk membela negaranya di kancah internasional. Film yang dirilis tahun 2009 melibatkan pemain lain yakni Aldo Tansani, Marsha Aruan, Ikranegara, Ari Sihasale, Maudy Koesnaedi, dan lain sebagainya.

2. Gie

Gie
Gie

Selanjutnya, Gie juga menjadi salah satu film bertema nasionalisme terbaik. Film Gie diadaptasi dari kisah hidup aktivis keturunan Tionghoa bernama Soe Hok Gie. Film karya Riri Riza ini menceritakan tentang kehidupan Gie mulai dari masa remaja, duduk di bangku kuliah, hingga perjuangannya melawan pemerintahan Presiden Soekarno yang saat itu berkaitan erat dengan PKI. Film ini dibintangi oleh sejumlah pemain di antaranya Nicholas Saputra, Wulan Guritno, Lukman Sardi, Sita Nursanti, Jonathan Mulia, Donny Alamsyah, dan Robby Tumewu.

3. Denias: Senandung di Atas Awan

Denias: Senandung di Atas Awan
Denias: Senandung di Atas Awan

Selain Gie, Denias: Senandung di Atas Awan juga mencatatkan namanya sebagai film bertemakan nasionalisme terbaik. Film yang rilis pada tahun 2006 lalu ini berkisah tentang perjuangan seorang anak di pedalaman Papua untuk mengejar pendidikan. Film ini juga mengangkat sejumlah fakta mengenai keadaan pendidikan di Papua. Film produksi studio Alenia Pictures ini menggandeng beberapa pemain Mathias Muchus, Nia Zulkarnaen, Ari Sihasale, dan Macella Zalianty. Nama John De Rantau didapuk sebagai sutradara untuk menggarap film ini.

4. Tanah Air Beta

Tanah Air Beta
Tanah Air Beta

Di peringkat empat, Tanah Air Beta juga menjadi film yang sarat akan sisi nasionalisme. Film yang disutradari oleh Ari Sihasale ini berkisah tentang kehidupan keluarga yang terpisah akibat pelepasan Timor Timur dari Indonesia pada tahun 1998 silam. Film ini melakoni syuting di Atambua, NTT. Tanah Air Beta melibatkan para pemain seperti Alexandra Gottardo, Griffit Patricia, Lukman Sardi, dan Ari Sihasale. Film ini resmi dirilis pada tahun 2010.

5. Merah Putih

Merah Putih
Merah Putih

Merah Putih juga menjadi film bertema nasionalisme terbaik. Film ini bercerita mengenai perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Film ini mengangkat kisah tentang 5 pemuda dari latar belakang, suku, dan agama yang berbeda. Kelimanya mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang Jawa Tengah. Adapun tujuan mereka ikut dalam pelatihan itu lantaran ingin menyingkirkan pasukan Belanda yang menduduki Indonesia kala itu. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola, Teuku Rifnu Wikana, Rahayu Saraswati, Rudy Wowor, dan Astri Nurdin. Film arahan Yadi Sugandi ini dirilis tahun 2009.

(nha)