Kurang dua hari lagi, hari kasih sayang atau yang kerap disebut valentine akan tiba. Semua orang di seluruh dunia pun memperingati hari ini dengan cara bertukar kado dengan pasangan, maupun berkumpul dengan orang-orang yang dicintai.

Umumnya, tradisi valentine dilakukan dengan tukaran kado. Kado yang ditukar pun bisa cokelat, bunga, boneka, baju, dan lain sebagainya. Namun, apa jadinya jika tradisi valentine diterapkan dengan cara unik.

Beberapa negara di belahan bumi pun memiliki tradisi unik di hari kasih sayang. Dilansir TravelDetik, inilah 5 tradisi valentine unik di dunia.

1. Jepang

Negeri Sakura ini ternyata memiliki tradisi unik dalam perayaan valentine lho. Pada tanggal 14 Februari, seluruh wanita Jepang akan memberikan cokelat kepada pria tambatan hatinya. Namun, sang pria membalas pemberian cokelat kepada wanita pada tanggal 14 Maret. Bukan cuma cokelat, beberapa kaum adam juga memberi sebuah busana atau perhiasan kepada wanita idamannya.

2. Denmark

Tradisi valentine unik juga diterapkan oleh Denmark. Di negara ini, hari valentine disebut sebagai Valentinsdag. Umumnya, muda-mudi yang tinggal di Denmark selalu merayakan hari kasih sayang itu dengan mengikuti tradisi Gaekkebrev. Pada tradisi ini, kaum pria akan memberikan puisi romantis untuk wanita pujaannya secara sembunyi-sembunyi. Nantinya, sang wanita harus menebak petunjuk dari bait-bait puisi tersebut.

3. Slovenia

Selanjutnya, Slovenia juga tak mau kalah untuk melakukan tradisi unik saat valentine. Di negara ini, seluruh warga akan bercocok tanam setiap tanggal 14 Februari. Pada hati valentine, masyarakat Slovenia akan menuju kebun anggur atau persawahan mereka untuk bekerja. Tak hanya itu saja, warga Slovenia mengklaim valentine adalah hari terbaik untuk melamar kekasih.

4. Finlandia

Negara Finlandia juga ikut melaksanakan tradisi unik ketika valentine tiba. Tepatnya tanggal 14 Februari, semua orang di Finlandia merayakan hari valentine dengan sahabat daripada kekasih. Perayaan valentine yang disebut dengan Ystavan Paiva ini dirayakan dengan cara bertukar kartu dengan teman.

5. Inggris

Terakhir, negara Inggris juga mempunyai tradisi valentine unik. Saat valentine, semua wanita single di Inggris akan melakukan tradisi meletakkan 5 helai mahkota bunga di bantal mereka. Menurut kepercayaan, tradisi ini bisa membawa sang wanita bertemu dengan kekasih sejati.

(nha)