Kecanggihan Robot Militer Amerika untuk Berperang


Teknologi robotik memang salah satu jenis teknologi yang paling menarik para ilmuwan utnuk dikembangkan. Kemampuan robot yang bisa dibuat sedemikian rupa membuat kemungkinan dipergunakannya robot untuk menggantikan manusia di banyak bidang pun semakin besar.

Tak ketinggalan, negara maju seperti Amerika Serikat pun melakukan riset khusus terhadap robot. Negara adidaya tersebut rupanya memiliki ambisi untuk membuat robot dan mesin yang dapat dikontrol dengan remote berbasis militer sehingga tak perlu lagi menggunakan tenaga manusia untuk melakukan tugas-tugas militer atau terjun ke medan perang. Dikabarkan, Departemen Pertahanan AS ingin menurunkan jumlah pasukan militernya dari 540.000 orang menjadi 420.000 orang saja pada tahun 2019.

Sejauh ini, pusat riset robot militer AS telah menghasilkan sejumlah terobosan yang ke depannya dapat digunakan untuk menggantikan peran tentara manusia. Dikumpulkan dari berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

Robot Bagal

Robot Kuda
Robot Bagal

Robot yang berbentuk kuda berkaki empat ini dinamai AlphaDog. Rencananya, AlphaDog akan dipergunakan untuk membawa barang-barang berat. Kelebihan dari robot bagal ini adalah bisa tetap berjalan dengan stabil walau harus melewati area yang tidak rata dan berbatu.

Humanoid berbentuk Terminator

Terminator
Terminator bernama Atlas

Gambar di atas adalah humanoid ala Terminator yang diberi nama Atlas. Jenis humanoid ini diharapkan akan dapat berperan dalam situasi-situasi penting seperti perang atuapun bencana. Robot setinggi 6,2 kaki ini memiliki anatomi tangan dan kaki seperti manusia sehingga diharapkan nantinya Atlas dapat berfungsi maksimal sebagai prajurit perang.

Robot Pembuang Bom

iRobot's 710 Kobra
iRobot’s 710 Kobra

Pekerjaan membuang bom adalah pekerjaan yang cukup berbahaya bagi manusia, karena itu kehadiran robot ini tentunya akan sangat berguna di sektor militer. Robot di atas diberi nama iRobot’s 710 Kobra dan dirancang untuk menyingkirkan bom dalam jarak yang tak berbahaya bagi manusia. Robot ini dapat dikontrol dengan sebuah aplikasi khusus.

Robot Mata-mata

Robot Mata-mata
Robot Mata-mata

Robot kecil ini diharapkan dapat menelusup di bidang-bidang yang tak terjangkau manusia dan memata-matai pihak lawan serta mendeteksi keberadaan ranjau. Robot berkaki enam yang dilengkapi dengan kamera ini dapat dioperasikan di tempat-tempat berlumpur maupun berbatu.

Robot Penjaga Nonstop

Robot Penjaga
Robot Penjaga

Salah satu kekurangan tentara manusia adalah manusia tidak bisa berjaga setiap saat karena membutuhkan istirahat. Selain itu, kadang manusia juga bisa teledor. Karena itu, diciptakanlah jenis robot yang mampu menjaga pos selama 24 jam nonstop. Robot ini mampu mendeteksi kedatangan lawan dan juga dilengkapi dengan senjata yang mampu menembak sampai jarak 3 mil. (alo)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak