Saat musim hujan seperti sekarang ini pastinya hawa yang dirasakan adalah hawa mengantuk dan malas untuk kemana-mana. Belum lagi kondisi jalanan yang macet, rusak, dan banjir, tentunya berangkat ke kampus akan jadi lebih menyulitkan dari biasanya.

Meski begitu, kita diharuskan berangkat ke kampus tak peduli apapun cuacanya. Berikut ini lima tips yang JadiBerita himpun untuk kamu berangkat ke kampus dengan lebih aman dan menyenangkan.

1. Bawa Payung

Jika kamu adalah mahasiswa/i yang bepergian dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi, pastikan selalu membawa benda yang satu ini karena sangat penting keberadaannya. Payung menjaga kamu dan barang-barang bawaan kamu agar tetap kering dari guyuran air hujan. Meski kamu membawa mobil pribadi, tapi tetap saja kan harus berjalan kaki ke dalam kampus ketika tempat parkirannya jauh? So,  pastikan selalu membawa payung ya!

2. Pakai Boots atau Sandal

Hujan seringkali membuat jalanan banjir atau menimbulkan genangan air kotor. Untuk itu, percuma kalau kamu pakai sepatu bagus ke kampus kalau akhirnya basah dan kotor. Disarankan untuk pakai sepatu boots tinggi yang anti air, jika tidak punya boots kamu bisa pakai sandal jepit. Nah ketika sampai kampus, kamu bisa ganti dengan sepatu bagus kamu itu.

3. Pakai Jaket

Cuaca dingin saat musim hujan tak jarang membuat seseorang mudah sakit. Untuk itu, kamu lebih baik memakai jaket atau pakaian hangat untuk melindungi tubuhmu agar tetap hangat. Kalau sakit, kita sendiri kan yang repot.

4. Hati-hati Saat Berkendara

Jika kamu adalah seorang pengendara, berhati-hatilah saat mengendarai kendaraanmu. Karena musim hujan ini jarak pandang terbatas dan banyak jalanan rusak akibat genangan air. Lebih baik kamu memperlambat laju kendaraan kamu agar selamat sampai tujuan.

5. Berteduh

Jika hujan deraas sekali dan angin kencang, sebaiknya hentikan kendaraan kamu dan berteduh sejenak. Hujan deras dan angin kencang beresiko menyebabkan pohon mudah tumbang dan menimbulkan kecelakaan. Jadi, jika kondisi cuaca semakin memburuk jangan paksakan perjalanan kamu.(dea)