Untuk memperoleh nilai tertinggi, biasanya seorang pelajar atau mahasiswa akan belajar mati-matian, mulai dari belajar hingga semalam suntuk, nongkrongin perpustakaan seharian, dan memangkas semua kesenangan dalam hidup kita, dan akhirnya malah berujung pada pribadi yang anti sosial.

Belajar dengan cara seperti itu tak ada salahnya, namun tak sepenuhnya benar. Kita masih bisa jadi orang yang sukses dan pintar dengan cara belajar yang menyenangkan. Berikut ini lima cara belajar cerdas yang JadiBerita himpun untuk kamu.

1. Memanfaatkan Semua Fasilitas yang Ada

Mereka yang melakukan belajar cerdas tidak mengandalkan satu sumber referensi saja. Jika ingin menjadi cerdas cobalah untuk mencari tahu ilmu apa yang kamu butuhkan caranya bisa dengan menjelajah satu perpustakaan ke perpustakaan lainnya, hal ini akan jauh lebih seru daripada kamu hanya berdiam diri di satu perpustakaan. Selain itu bisa dengan menyeleinap ke kelas mata kuliah yang tidak kamu ambil, memanfaatkan internet. Cari pengetahuan baru dengan meningkatkan rasa ingin tahu kamu.

2. Mencari Materi Sendiri

Ketika selesai kuliah, biasanya kita selalu mengandalkan bahan ajar yang diberikan dosen pada kita di akhir perkuliahan. Mereka yang cerdas akan giat mencari materi sendiri tanpa disuruh. Belajar cerdas tak hanya mengandalkan materi dari dosen saja, tapi juga mengembangkannya dengan cari materi-materi baru untuk menambah pengetahuan.

3. Belajar Secara Teratur

Kamu mungkin akan berpikir, orang yang selalu mendapatkan nilai yang tinggi selalu belajar sampai semalaman hingga begadang. Jika kamu berpikir begitu, kamu sudah salah menilai mereka. Orang yang belajar dengan cerdas akan belajar secara teratur dan berkala. Jadi tidak perlu belajar sampai bikin mata mengantuk dan kurang tidur.

4. Mencatat Materi

Untuk mempermudah mengingat kembali apa yang sudah dipelajari, biasanya orang yang cerdas akan mencatat kembali apa yang sudah dipelajarinya dengan gaya bahasanya sendiri. Hal ini akan membantu mengingat dan memahami apa yang sudah dipelajari sebelumnya.

5. Menjaga Waktu Tidur

Belajar semalaman suntuk sampai begadang tidak akan membuatmu mengingat dan memahami lebih baik. Tubuh tidak akan bisa diajak bekerja sama jika sudah mengalami kelelahan. Tidurlah sesuai yang telah dianjurkan yakni selama 7-8 jam per hari. Beristirahat yang baik akan membuat otakmu akan mampu berkonsentrasi dengan baik.

(dea)