Bukan hanya film asal Hollywood saja yang bisa sukses di kancah Internasional. Film-film dari Indonesia pun membuktikan berhasil mendapat apresiasi di mata dunia.

Selain mendapat respon baik dari negara-negara luar, sederet film Tanah Air ini pun sukses memperoleh beragam penghargaan bergengsi. Bahkan, film-film karya sineas Indonesia ini juga ditayangkan di mancanegara.

Penasaran film apa sajakah itu? Dilansir berbagai sumber, inilah 5 film karya Indonesia yang sukses mendunia.

1. The Raid

The Raid
The Raid

Film berjudul The Raid berhasil membawa nama Indonesia ke mata dunia. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini ditayangkan perdana di Hollywood. Negara-negara seperti Kanada dan Australia juga menayangkan The Raid secara bersamaan. Selain diputar di mancanegara, The Raid berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi di kancah perfilman internasional, seperti Cadillacs Peopleâ??s Choice Award di Toronto international film festival 2011, dan the Best Film sekaligus Audience Award di Jameson Dublin International Film Festival 2012.

2. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Film selanjutnya yang sukses mendunia adalah Laskar Pelangi. Laskar Pelangi sendiri diadaptasi dari sebuah novel berjudul serupa karya Andrea Hirata. Film arahan sutradara Riri Riza ini pun diputar di barcelona asian film festival 2009 di spanyol, singapore international film festival 2009, 11th Udine Far East Film Festival di Italia, dan Los Angeles Asia Pacific Film Festival 2009 di Amerika Serikat. Tak cukup sampai disitu, studio film di negara seperti, Namibia, Spanyol, Italia, Hongkong, Singapura, Jerman, Amerika, Australia, dan Portugal juga ikut menayangkan film Laskar Pelangi. Layaknya The Raid, Laskar Pelangi juga mengantongi sejumlah penghargaan seperti The Golden Butterfly Award untuk kategori film terbaik di International Festival of Film for Children dan Young Adults di Hamedan, Iran, nominasi film terbaik di Berlin International Film Festival 2009, serta editor terbaik asian film 2009 di Hongkong.

3. The Witness

The Witness
The Witness

Tak mau kalah, The Witness juga menjadi film karya sineas Indonesia yang berhasil mendunia. Fim ini pertama kali tayang di Filipina secara komersil pada 21 Maret 2012. Sebelum diputar di negara itu, The Witness diberikan nilai A oleh Cinema Evaluation Board (CEB), yang tak lain adalah sebuah badan resmi dari Dewan Pengembangan Film Filipina. Film yang disutradari oleh Muhammad Yusuf ini dibintangi oleh sejumlah aktris dan aktor seperti Gwen Zamora, Pierre Gruno, Agung Saga, Kimberly Ryder, Marcellino Lefrandt, dan Febby Febiola.

4. Modus Anomali

Modus Anomali
Modus Anomali

Di posisi empat, Modus Anomali juga ikut menjadi karya asal Tanah Air yang sukses merambah kancah perfilman dunia. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini berhasil memperoleh komentar positif di berbagai negara. Pada 9-17 Maret 2012, Modus Anomali melakukan world premiere di festival film terbesar kedua di Amerika Serikat yakni South By Southwest (SXSW) di Austin, Texas. Hebatnya, film yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan Hannah Al Rasyid ini mendapat beragam penghargaan, salah satunya Bucheon Award di Korea Selatan.

5. Pintu Terlarang