Tidur merupakan salah satu kegiatan yang paling dibutuhkan manusia. Dengan tidur sesuai waktu yang telah dianjurkan, manusia akan mendapatkan istirahat yang cukup untuk bisa beraktivitas dengan lebih baik di keesokan harinya.

Pastikan tidur dengan cukup dan jangan berlebihan. Tidur berlebihan akan banyak membawa dampak negatif. Dikutip dari huffintonpost.com (Kamis, 19/2/2015), berikut ini lima efek negatif terlalu banyak tidur.

1. Meningkatkan Resiko Depresi

Sebuah studi menunjukkan hasil orang yang lebih banyak tidur beresiko terkena depresi lebih tinggi daripada orang yang melakukan tidur yang cukup. Partisipan dalam penelitian itu dibagi dua, mereka yang tidur selama tujuh sampai sembilan jam per malam hanya mengalami 27 persen gejala depresi, sedangkan orang yang tidur lebih dari sembilan jam mengalami tingkat gejala depresi sebanyak 49 persen.

2. Melemahkan Fungsi Otak

Studi yang dilakukan pada tahun 2012, menemukan diantara wanita lanjut usia yang tidur terlalu lama akan memperburuk fungsi otak dalam jangka waktu enam tahun.

3. Susah Hamil

Sebuah tim riset asal Korea melakukan penelitian pada kebiasaan tidur 650 wanita yang mengikuti perawatan kesuburan. Hasilnya adalah jumlah kehamilan tertinggi ditemukan pada wanita yang tidurnya tidak lebih dari delapan jam per malam. Durasi tidur memang memiliki pengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

4. Diabetes

Tim riset dari Quebec menemukan bahwa orang-orang yang waktu tidurnya lebih dari delapan jam per malam beresiko terkena diabetes tipe dua, dibanding dengan orang yang tidur sampai delapan jam.

5. Kondisi Jantung Memburuk

Riset yang dilakukan oleh American College of Cardiology pada tahun 2012 yang lalu, melibatkan sebanyak 3.000 partisipan. Dari penelitian itu diketahui orang yang tidur lebih lama dapat terkena angina dua kali lipat lebih banyak daripada orang dengan tidur yang cukup.(dea)