Setiap orang memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan Imlek. Hal itu juga terjadi pada mantan penyanyi cilik Tina Toon. Tina Toon melakukan serangkaian tradisi sebelum hari Imlek tiba.Tina Toon melakukan serangkaian tradisi sebelum hari Imlek tiba.

“Dalam tradisi keluarga aku, kita sekeluarga pasti mengunjungi panti jompo atau panti asuhan dulu seminggu sebelum perayaan,” ungkap Tina seperti dilansir dari Metrotvnewscom, Jumat (20/2/2015).

Sehari sebelum perayaan, Tina berkumpul bersama keluarga besar di rumah nenek hingga tiba hari Imlek. Saat acara kumpul tersebut, keluarga Tina menyiapkan aneka hidangan. Masing-masing hidangan mengandung makna tersendiri.

“Biasanya kita siapin kue-kue kering. Pesan dodol dan kue keranjang supaya keharmonisan keluarga makin merekat dan lengket kayak dodol. Enggak lupa jeruk dan anggur supaya rezeki enggak habis-habis. Terus lapis legit, supaya rezekinya juga berlapis-lapis,” paparnya.

Sayangnya, tepat di malam perayaan Imlek, Tina harus bekerja sehingga tak bisa makan malam di rumah bersama keluarga besarnya. “Tahun ini aku dapat job. Jadi, makan-makannya sekalian show saja,” ungkapnya.

Uniknya, meski sudah terbilang dewasa dan telah memiliki penghasilan sendiri, Tina Toon masih mendapatkan angpao saat perayaan Imlek. “Kita tuh punya kebiasaan, jadi yang tua-tua dan yang sudah menikah duduk, terus dikasih teh sama yang belum menikah. Nanti mereka kasih angpao buat yang belum menikah,” jelas Tina.

Dalam tradisi Imlek, orang yang belum menikah masih akan mendapatkan angpao. Sementara, mereka yang telah menikah, tidak lagi menerima angpao. “Dalam tradisi, walaupun sudah bisa cari uang dan mandiri, enggak boleh ngasih kalau kita belum menikah. Jadi, aku masih dapat deh,” pungkasnya.

Bagi pemilik nama Agustina Hermanto ini, Imlek berarti menghargai tradisi leluhur dan ia pun berusaha menjadi orang yang lebih baik di tahun baru ini. “Dan membahagiakan orang banyak,” tutupnya. (tom)