Setelah sekian lama, akhirnya penantian fans dari JKT48 dan AKB48 terbayarkan. Pasalnya, mereka berdua akan mengadakan konser bareng di Indonesia, tepatnya di Kota Kasablanka, Jakarta, malam nanti. Di bawah ini adalah 5 fakta menarik terkait konser bareng JKT48 dan AKB48.

1. Konser Kedua AKB48 di Indonesia

Konser dengan tajuk “Bergandengan Tangan dengan Kakak” nanti malam merupakan konser kedua AKB48 di Indonesia. Sebelumnyaa, AKB48 juga pernah mengadakan konser di Indonesia, yaitu konser yang diadakan di Balai Kartini pada tahun 2012 lalu. Saat konser itu diadakan, JKT48 masih baru dibentuk, tepatnya baru berumur 3 bulan.

2. Konser JKT48 di Jepang

Berbanding terbalik dengan saudarinya, JKT48 justru lebih sering manggung atau konser di Jepang bersama AKB48. Salah satunya adalah konser AKB48 yang diadakan di Tokyo Dome. Tak hanya JKT48, semua saudari dari AKB48 juga berkesempatan untuk manggung di sana, seperti SKE48, NMB48 dan juga HKT48.

3. AKB48 Tampil di Acara Dahsyat Sebelum Konser

Mungkin sudah menjadi tradisi, kalau ada artis dari luar Indonesia, terutama artis Jepang, yang akan manggung di Indonesia, sebelumnya akan muncul di acara TV Indonesia. Hal itu tak terkecuali bagi AKB48. Sebelum manggung, AKB48 selalu tampil di acara “Dahsyat” bersama dengan JKT48. Pada tahun 2012, yang menjadi perwakilannya adalah Takahashi Minami, member AKB48 sekaligus General Manager. Hal serupa juga terjadi untuk konser nanti malam, dimana para member AKB48 diundang ke ke acara tersebut.

4. Member AKB48 yang Tampil di Indonesia

Meski terkenal akan jumlah member yang banyak, untuk konser yang diadakan nanti malam, member AKB48 yang hadir hanya 16 orang. Sementara untuk JKT48 sebagian besar akan hadir dalam konser tersebut. Entah disengaja atau tidak, member AKB48 yang ikut konser di Indonesia ini selalu member yang bisa dikatakan kurang populer, paling tidak untuk fans dari Indonesia. Para fans di Indonesia umumnya menantikan  kehadiran member ‘peringkat atas’, namun tampaknya kini harapan mereka masih belum bisa terpenuhi. Meski demikian, bukan berarti member AKB48 yang datang tidak memiliki fans. Masih ada juga yang menjadi fans dari member AKB48 yang datang nanti malam.

5. Konser Bareng, AKB48 Ingin Bikin Single Bareng JKT48

Meski sudah sering manggung bareng, namun AKB48 masih belum memiliki kesempatan untuk bikin single bareng saudarinya yang ada di Indonesia. Saling mendukung satu sama lain, para member JKT48 dan AKB48 juga ingin bisa berkolaborasi membuat single bareng suatu saat nanti. “Mungkin menarik kalau nanti (bikin single) ada bahasa Jepangnya kita yang bawain dan bahasa Indonesianya JKT48,” jelas salah satu member AKB48 yang datang ke Indonesia, Kitahara Rie alias Kitarie. (tom)