Cinta sejati tak hanya diucapkan oleh kata-kata tapi juga dengan tindakan. Untuk orang terkasih seperti keluarga, sahabat, atau kekasih apapun akan dilakukan termasuk memberikan darah kita untuk yang tercinta.

Sebuah pengorbanan cinta dilakukan oleh seorang suami di Kota Changchun, Provinsi Jilin, China. Dia rela memberikan sebagian darahnya hanya untuk sang istri tercinta yang memiliki anemia parah.

Sang suami yang bernama Xu Wenwu telah mendonorkan darahnya demi sang istri Wang Xiaying sebanyak 147 kali dalam jangka waktu satu dekade. Sebuah angka yang fantastis untuk pendonor darah bisa melakukan transfusi donor hingga ratusan kali.

Dikutip dari dailymail (Minggu, 22/2/2015), padahal menurut standar Amerika Serikat, seorang pria hanya dianjurkan mendonorkan darah sebanyak 60 kali selama satu dekade, sedangkan menurut anjuran National Health Services di Inggris, seorang pria hanya bisa mendnorkan darah sebanyak 40 kali dalam satu dekade.

Namun semenjak istriknya menderita anemia parah pada tahun 2003 dan sempat kolaps, dokter memberitahukan bahwa istrinya harus menerima transfusi darah rutin.

Awalnya Xu merasa kesulitan untuk mendonorkan darah pada sang istri karena terkendala maslaah biaya yang sangat mahal. Lambat laun Xu mempelajari di China bila mendonorkan darah dalam jumlah tertentu maka akan dapat gratis.

Xu telah kehilangan banyak pekerjaan karena waktunya tersita untuk merawat sang istri. Namun hal itu tidak disesalinya. “Saya hanya mengharapkan satu hal yakni istriku dapat menikmati kesehatan yang sangat baik sampai ajal menjemput. Kami telah menyerah untuk memiliki anak tapi kami masih dapat memiliki satu sama lain,” ucap Xu Wenwu.

Kini istrinya sudah tak perlu transfusi darah lagi, namun Xu tetap berkeinginan untuk mendonorkan darahnya untuk orang lain. Menurut data di Changchun, Xu telah mendonorkan darahnya sebanyak 147 kali dan bisa lebih dari itu.(dea)