‘Cinta’ Dua Bintang Bakal Timbulkan Supernova


Bulan Februari yang tinggal menghitung hari ini memang identik dengan hari kasih sayang, atau biasa dikenal dengan Hari Valentine. Ternyata, kasih sayang ini tak hanya dilakukan oleh manusia saja, tapi juga dilakukan oleh benda-benda angkasa. Ilustrasi ini menunjukkan sepasang bintang yang menghabiskan hari-hari mereka dengan menari berputar mengitari pasangannya. Perlahan-lahan mereka pun menjadi semakin dekat. Pada akhirnya nanti mereka akan bersatu menjadi satu bintang.

Hanya saja, akhir cerita mereka tak bisa dikatakan sebagai akhir yang bahagia dan malah bisa mengakibatkan kehancuran. Sekitar 700 juta tahun lagi, saat kedua bintang itu berciuman, mereka akan menjadi sangat kuat dan menimbulkan ledakan supernova. Supernova sendiri adalah berakhirnya hidup sebuah bintang (atau dua bintang dalam kasus ini) dalam sebuah ledakan dahsyat.

Dilansir dari Kompascom, Jumat (27/2/2015), pasangan bintang tersebut merupakan pasangan bintang katai putih, yaitu â??sisaâ?? bintang yang ditinggalkan oleh bintang seperti Matahari saat menemui ajalnya. Bintang katai putih sangat kecil dan sangatlah mampat. Sisa-sisa lainnya membentuk cincin gas kosmik yang disebut planetari nebula.

Ketika bergabung, kedua bintang tersebut akan memiliki gas sebanyak kira-kira dua kali lipat yang ada di Matahari. Karena itu, pasangan bintang ini menjadi pasangan katai putih termasif yang pernah ditemukan. Katai putih adalah salah satu objek tertua di alam semesta karena merupakan tahap akhir siklus hidup sebagian besar bintang, termasuk Matahari.

Sekelompok ilmuwan yang menemukan pasangan masif ini semula ingin memecahkan masalah lain. Mereka ingin mencari penyebab mengapa sisa-sisa bintang terkadang tidak berbentuk cincin tetapi malah berbentuk aneh. Salah satu objek yang mereka selidiki adalah awan dalam ilustrasi ini. Para astronom tak sengaja melihat pasangan sekarat itu tersembunyi di jantung nebula.

Akan tetapi, pasangan bintang itu sebetulnya berkontribusi pada penyelidikan ilmiah, yaitu dengan mendukung teori bahwa bintang-bintang ganda bisa menyebabkan bentuk aneh pada sebagian nebula. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak