Pantai Jogan, Indahnya Pertemuan Air Terjun dan Tepi Laut


Gabungan Pemandangan yang sangat eksotik antara air terjun dan lautan bisa kamu temui di Pantai Jogan. Dimana air terjun ini letaknya ada dibibir laut selatan Yogyakarta. Meskipun lokasi wisata ini tersembunyi dibalik dinding karst tetapi menyimpan air terjun yang langsung mengalir ke bibir laut sehingga keindahannya menjadi pesona alam yang tentu sulit untuk kamu tolak. Perjalanan tim jadiBerita dimulai pada saat siang hari yang cerah ke Pantai Jogan.  Traveling ini dimulai dari daerah Yogyakarta dan memakan waktu sekitar 2 jam lamanya, tetapi ditengah jalan kamu ga akan ngerasa bosen karena pemandangan alam Gunung Kidul hampir semuanya menarik untuk dinikmati. Jalanan yang berkelok-kelok menemani sepanjang berkendara menuju pantai. Melewati tebing-tebing batuan kapur dengan jalan aspal yang halus dan bebas lubang menambah poin plus mengapa pantai di sepanjang Gunungkidul menjadi tren destinasi warga Indonesia bahkan Luar Negeri.

Dari sekian banyaknya pantai dipesisir Gunungkidul, justru Pantai Joganlah yang paling strategis posisinya karena adanya perpaduan air terjun yang mengalir dari tebing ke bibir pantai. Jika kamu sudah sampai pada Pos retribusi Pantai Siung hal ini menandakan kalau Pantai Jogan sudah dekat. Biaya untuk memasuki wisata ini yaitu 5000 Rupiah saja, cukup terjangkau bukan? Hal ini  ditandai jika kontur jalanan mulai berbatu dan hanya cukup untuk satu mobil saja. Beberapa warga desa akan tampak berlalu lalang membawa rerumputan sebagai makanan peliharaan di rumah. Tidak perlu sungkan jika ingin menanyakan rute ke arah Pantai, karena warga disini terkenal dengan keramahannya.

Selepas dari parkiran kendaraan kamu bisa menyaksikan sungai dengan warna dasar batuan oranye dan jembatan dari susunan bambu. Air yang mengalir tidak terlalu deras sehingga tak salah jika ada pengunjung yang bermain disekitarnya. Dari bagian atas tampak lautan lepas berwarna hijau kebiruan dengan ombak yang melambai-lambai seakan mengajak para pengunjung untuk menikmati pesona Pantai Jogan. Beberapa warung warga menyediakan cemilan dan minuman dengan harga cukup terjangkau, jadi kamu gak perlu khawatir saat lupa membawa bekal makanan. Disekitarnya juga terdapat fasilitas tempat duduk dari bambu dan sebuah ayunan kreasi warga dari ban mobil, meskipun begitu banyak pengunjung yang ingin memainkannya.

Bila ingin menikmati guyuran air dari atas tebing, maka kamu harus turun kebawah mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan. Turunan yang akan kamu lewati cukup menantang karena saat musim penghujan tentu akan basah dan licin. Tapi beruntung karena disitu tersedia bambu-bambu untuk pegangan sekaligus pemandu jalan menuruni tebing. Oleh karena itu kehati-hatian merupakan poin penting mengingat jalur cukup curam. Datanglah bersama teman-teman karena dengan begitu kalian akan saling menjaga satu sama lainnya. Setelah melewati batuan berkarang nan licin kamu sudah bisa bernafas lega karena gemericik air dari atas tebing seolah-olah menggoda agar kita segera menghampiri. Karena air yang turun tidaklah deras, maka terbilang aman untuk kamu mandi menikmati hangatnya air pegunungan. Lokasi ini mengingatkan tim jadiBerita pada McWay Beach Waterfall di California, lokasi semacam ini memang sangat jarang ditemui di Indonesia bahkan setingkat Dunia sekalipun.

Beruntung jika kamu datang pada musim panas, ratusan rombongan kupu-kupu kecil akan menyambut kedatanganmu. Namun pada saat musim hujanpun keindahan pantai ini tak akan surut, air yang mengalir ketebing semakin banyak, tentu sangat mengasyikkan saat guyuran dibawahnya. Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi wisata ini pada saat siang hari agar kualitas pencahayaan foto semakin sempurna. Dikala sore pemandangan disini semakin indah berlatarkan langit senja berwarna jingga, pastinya untuk menikmati sunset yang menawan hati. Sapuan ombak seperti ingin melahap batuan karang ditepian pantai menambah rasa takjub tim JadiBerita yang berkunjung. Apalagi ikan-ikan lucu, siput laut, kerang dan kepiting kecil dengan beragam warna masih bisa dijumpai disini. Tetapi sebaiknya hati-hati saat ingin berkubang dicekungan pantai, biasanya disela-sela karang terdapat bulu babi yang bisa saja melukai bagian tubuhmu.

Disinilah lokasi wisata yang wajib masuk pada list destinasi liburan kamu pekan ini. Siapkan kamera dan baterai cadangan, tentu kamu tidak akan melewatkan keeksotisan Pantai Jogan tanpa mengabadikannya kan? Sebaiknya kamu juga membawa pakaian ganti dan pastinya alat beribadah. Disini tersedia beberapa toilet dan satu mushola kecil berukuran 5 x 5 meter. Keamanan pantai ini didukung oleh warga sekitar yang berjaga dan tim Basarnas untuk mengantisipasi jika ada pengunjung yang mengalami kecelakaan saat berada di Pantai Jogan. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak