Mungkin kamu sedikit terkejut melihat judul dari tulisan ini, apalagi jika kamu adalah seorang penggemar JKT48. Maksud solo karier di sini bukan berarti membernya keluar dan solo karier sendiri-sendiri, melainkan hanya untuk membawakan single terbaru JKT48.

Judul single terbaru atau single ke-9 dari JKT48 masih belum diketahui, namun manajemen telah mengumumkan nama 16 member (senbatsu) yang akan membawakan single tersebut. Senbatsu adalah sebutan untuk para member yang terpilih muncul di lagu utama dalam sebuah single di JKT48. Hal tersebut dilakukan karena banyaknya member yang ada di JKT48 sehingga sesama member harus bisa bersaing secara sehat untuk mendapatkan posisi tersebut.

Pengumuman tersebut disampaikan manajemen usai acara Handshake Festival Single ke-8 yang berjudul “Kaze wa Fuiteiru” atau “Angin Sedang Berhembus” untuk versi Indonesianya, di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 28 Februari kemarin. Member yang akan membawakan single terbaru nanti itu terdiri atas 8 member Tim J, 6 member Tim K3, dan 2 member Tim T.

Member yang terpilih adalah Melody, Beby, Devi Kinal Putri, Jessica Veranda, Nabilah, Rezky Wiranti Dhike, Shania Junianatha, Haruka Nakagawa, Cindy Yuvia, Jennifer Hanna, Ratu Vienny Fitrilya, Rona Ariesta Anggreani, Shinta Naomi, Andela Yuwono dan Michelle Christo.

Untuk pertama kalinya, salah satu member dari Tim T masuk di single JKT48. Dengan adanya Tim T ini, tentu saja membuat kemungkinan mendapat posisi Senbatsu semakin kecil. Namun hal itu ternyata tak membuat senior-senior mereka, Tim J dan Tim K3 berpikiran seperti itu.

“Masuknya Tim T yang menjadi Senbatsu dalam single kesembilan nanti akan menjadi lebih bewarna karena ada member yang baru muncul,” kata Cindy usai acara handshake.

Sementara itu, Haruka, salah satu member JKT48 dari Jepang, bersyukur kalau dirinya bisa kembali masuk senbatsu untuk single terbaru mereka. “Alhamdulillah masuk. Kalau pun nggak masuk, kita kan masih ada teater, member masih bisa perform, fans juga masih bisa kasih semangat,” ujar Haruka.

Nantinya, setiap pembelian CD single ke-9 akan disertai tiket vote untuk memilih senbatsu di single ke-10. Artinya single ke-10 nantinya akan diisi oleh 16 member pilihan fans. (tom)