Film bertema Islami memang bisa mengajarkan kita untuk mengenal syariat Islam secara menyeluruh. Selain itu, film Islami juga kaya akan nilai positif dan pesan moral yang dituangkan pada jalan cerita film itu sendiri.

Hebatnya lagi, film-film Islami juga mampu mendulang kesuksesan di dunia perfilman Tanah Air. Buktinya, film-film ini selalu laris manis di bioskop. Dilansir Muvila.com, Selasa (03/03/2015), inilah 5 film Islami Indonesia terlaris di bioskop.

1. Ayat-ayat Cinta

ayat-ayat cinta
ayat-ayat cinta

Film Islami di posisi pertama yang paling laris di bioskop adalah Ayat-ayat Cinta. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini berkisah tentang seorang pria Indonesia yang hidup di Mesir. Ketika itu, ia harus memilih cinta di antara empat wanita yang menyukainya. Ayat-ayat Cinta yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 3.581.947 tiket di bioskop.

2. Ketika Cinta Bertasbih

Ketika Cinta Bertasbih
Ketika Cinta Bertasbih

Film Islami selanjutnya yang paling laris di bioskop ialah Ketika Cinta Bertasbih. Film yang dirilis tahun 2009 ini berkisah tentang pemuda bernama Azzam yang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo. Selain berkuliah, Azzam pun berjuang menghidupi ibu dan adik-adiknya di kampung. Film ini dibintangi oleh Kholidi Asadil Alam, Oki Setiana Dewi, Andi Arsyil Rahman, Alice Norin, dan Meyda Safira. Ketika Cinta Bertasbih sukses menjual sebanyak 3.100.906 tiket bioskop.

3. Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban
Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban juga menjadi salah satu film Islami terlaris di bioskop. Film karya Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Revalina S. Temat, Joshua Pandelaki, Nasya Abigail, Widyawati, Oka Antara, Reza Rahadian, dan Ida Leman. Film ini bercerita tentang perjalanan seorang wanita muda bernama Annisa yang berkarakter cerdas, berani dan berpendirian kuat. Annisa pun mempertanyakan nilai-nilai konservatif yang dianggapnya mengungkung kaum perempuan. Perempuan Berkalung Sorban sukses menjual sebanyak 793.277 tiket bioskop.

4. Dalam Mihrab Cinta

Dalam Mihrab Cinta
Dalam Mihrab Cinta

Dalam Mihrab Cinta juga termasuk ke dalam kategori film Islami terlaris di bioskop. Film yang diperankan oleh seperti Dude Harlino, Asmirandah, dan Meyda Sefira ini berkisah tentang pemuda bernama Syamsul yang bertekad menuntut ilmu di sebuah pesantren di Kediri. Di sana, ia bertemu dengan Zizi yang merupakan putri pemilik pesantren. Lama kelamaan, keduanya semakin dekat hingga benih-benih cinta tumbuh. Dalam Mihrab Cinta sukses menjual sebanyak 623.105 tiket bioskop.

5. 99 Cahaya di Langit Eropa

99 Cahaya di Langit Eropa
99 Cahaya di Langit Eropa