Membuat film di Hollywood jauh lebih kompleks dan rumit dari apa yang kita pikirkan. Mereka menganggarkan budget yang tinggi untuk membuat efek khusus yang menarik. Namun sebenarnya, adegan apa yang membuat film-film tersebut menguras banyak pengeluaran? Dilansir dari The Richest, Rabu (4/3/2015), berikut adalah 5 adegan termahal dalam film Hollywood.

1. Adegan di Jembatan Brooklyn I Am Legend

Jembatan Brooklyn (Muvila)
Jembatan Brooklyn (Muvila)

Secara keseluruhan film “I Am Legend” menghabiskan anggaran USD 150 juta dalam pembuatannya. Adegan yang terkenal dalam film tersebut saat berada di jembatan Brooklyn di New York City. Tim produksi harus mengevakuasi orang-orang dari jembatan tersebut selama 6 malam. Biaya yang dihabiskan untuk syuting di jembatan Brooklyn diperkirakan minimum USD 5 juta (Rp 65 miliar). Tidak hanya itu, adegan tersebut juga bekerjasama dengan 14 instansi pemerintahan dan membutuhkan 1000 ektras (figuran).

2. Adegan Ledakan Pearl Harbour

Adegan ledakan Pearl Harbour (Muvila)
Adegan ledakan Pearl Harbour (Muvila)

Adegan ikonik di film “Pearl Harbour” adalah saat adegan Jepang menyerang Pearl Harbour. Dalam adegan tersebut, terjadi 6 ledakan besar di Battleship Row. Dalam pembuatannnya sutradara Michael Bay membutuhkan 12 tim kamera, 700 batang dinamit, kabel sepanjang 2000 kaki, dan 4000 galon bensin. Butuh satu bulan setengah untuk memasang kapal untuk peledakan, dengan 500 bom individu pada masing-masing kapal. Selain itu, Bay merekrut 100 orang ekstra dan bekerja sama dengan pemerintah lokal Hawaii (lokasi peledakan), federal Environmental Protection Agency, dan Angkatan Laut Amerika Serikat. Semua upaya tersebut hanya untuk memunculkan adegan ledakan sekitar 12 detik di layar lebar, dan menghabiskan dana sebesar USD 5,5 juta (Rp 71 miliar)

3.  Adegan Pembuka Superman Returns

Superman terbang (Muvila)
Superman terbang (Muvila)

Adegan pembuka yang berdurasi lima menit menampilkan Kal-El (nama Superman saat lahir) kembali ke planet asalnya Krypton. Sayangnya, adegan yang membutuhkan biaya sebesar USD 10 juta (Rp 130 Miliar) ini harus dihilangkan di versi finalnya. Secara keseluruhan, pembuatan film ini menghabiskan dana sebesar USD 204 juta.

4. Adegan Helicopter Swordfish

Helikopter bawa bus (Muvila)
Helikopter bawa bus (Muvila)

Adegan yang paling mahal dalam film ini adalah saat bus bergantungan di bawah helikopter, yang terbang di sekitar pusat kota Los Angeles. Syuting adegan mengambil beberapa editing yang kompleks. Bahkan, kru benar-benar menaruh sekelompok orang duduk di bus sekolah saat kendaraan itu berayun dari mesin derek. Adegan seperti itu dilaporkan telah menelan biaya sekitar USD 13 juta (Rp 169 Miliar).

5. Adegan Bertarung The Matrix Reloaded

The Matrix (Muvila)
The Matrix (Muvila)

“The Matrix Reloaded” adalah film kedua dalam trilogi “The Matrix”, yang ditulis dan disutradarai oleh The Wachowski Brothers. Film ini adalah film terlaris dalam serinya. Adegan berharga dalam film ini adalah saat pengambilan gambar Neo dan ratusan Agen Smiths terlibat dalam pertarungan dramatis, termasuk pemberian spesial efek visual CGI-nya. Adegan yang berdurasi 17 menit itu dilaporkan menelan biaya sebesar USD 40 juta (Rp 520 Miliar) atau sekitar 40% dari seluruh anggaran film. Dan lama pengambilan gambar tersebut memakan waktu sekitar 27 hari. (tom)