Jazz adalah salah satu genre musik yang berasal dari Amerika Serikat. Aliran jazz hadir pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.

Dalam komposisinya, musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Sedangkan, elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Saat ini, memang sudah banyak lagu-lagu bergenre jazz. Namun, hanya ada beberapa lagu jazz yang diklaim paling terbaik di dunia.

Dilansir berbagai sumber, Rabu (04/03), inilah 5 album jazz terbaik di dunia versi JadiBerita.

1. Kind Of Blue – Miles Davis

Miles Davis
Miles Davis

Penyanyi berkulit hitam bernama Miles Davis memiliki sebuah album jazz bertajuk Kind of Blue. Album yang dirilis pada 17 Agustus 1959, di Columbia Records, Amerika Serikat ini tercatat sebagai album jazz terbaik di dunia. Selain itu, Kind of Blue juga dinobatkan sebagai album jazz terlaris di eranya.

2. A Love Supreme – John Coltrane

John Coltrane
John Coltrane

Album jazz terbaik di dunia selanjutnya adalah milik John Coltrane berjudul A Love Supreme. Album ini dirilis pada Februari 1965. Keluarnya album A Love Supreme merupakan pencapaian terbesar dalam karier John.

3. Mingus Ah Um – Charles Mingus

Charles Mingus
Charles Mingus

Penyanyi Charles Mingus juga memiliki album jazz yang diklaim terbaik di dunia. Adapun album yang diberi judul Mingus Ah Um dirilis Columbia Records pada tahun 1959. Tahukah aden & enon? Ini merupakan album perdananya yang direkam untuk Columbia.

4. Brilliant Corners – Thelonious Monk

Thelonious Monk
Thelonious Monk

Brilliant Corners yang dilantunkan oleh Thelonious Monk juga termasuk salah satu album jazz terbaik di dunia. Brilliant Corners merupkan album ketiga milik Monk. Lantaran signifikansi historisnya, Brilliant Corners tercermin dalam Grammy Hall of Fame pada tahun 1999.

5. Song For My Father – Horace Silver

Horace Silver
Horace Silver

Song For My Father juga mencatatkan namanya sebagai album jazz terbaik di dunia. Album ini diluncurkan pada tahun 1965 oleh Horace Silver Quintet. Song For My Father merupakan album yang terinspirasi oleh perjalanan yang telah dibuat Silver untuk Brasil.

(nha)