Ketika menempuh pendidikan ke tingkat perkuliahan, aden & enon pasti akan berhadapan dengan seorang pengajar yang disebut dosen.

Sama seperti guru, dosen pun ada yang baik dan galak. Jika dosen baik, kebanyakan mahasiswa pasti akan senang mengikuti kelas. Namun, jika sang dosen memiliki sifat galak, tentu saja para mahasiswa merasa malas untuk masuk kelas.

Sebaiknya aden & enon jangan bertindak seperti itu ya. Sebab, ada beberapa cara hadapi dosen galak seperti yang dilansir berbagai sumber versi JadiBerita.

1. Ketahui Lebih Banyak tentang Dosen

Cara pertama hadapi dosen galak di kampus adalah aden & enon harus mengetahui lebih banyak tentang beliau. Aden & enon bisa mencari informasi tentang sang dosen melalui senior di kampus ataupun bertanya dengan rekan sesama dosen. Aden & enon bisa bertanya tentang hal yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selama mengikuti mata kuliahnya.

2. Sering Senyum dan Menyapa

Meski raut wajah si dosen begitu galak, namun tak ada salahnya jika aden & enon menebar senyum saat bertemu dengannya. Jangan lupa, aden & enon juga harus menyapa sang dosen jika berpapasan dengannya di lingkungan ataupun di luar kampus.

3. Lakukan PDKT

Melakukan pendekatan alias PDKT tak harus pada orang yang disukai saja lho. Aden & enon juga bisa melakukan PDKT kepada dosen. PDKT bisa ditempuh dengan cara sering mengajak diskusi tentang mata kuliah yang beliau ajarkan. Hal ini dilakukan agar aden & enon dekat dengan sang dosen.

4. Rajin Masuk di Mata Kuliahnya

Kebanyakan mahasiswa malas masuk di mata kuliah yang dosennya galak. Sebaiknya, aden & enon tidak perlu bersikap seperti itu. Masuk dan ikuti saja mata kuliah yang diajarkan si dosen. Hal ini harus dilakukan secara teratur ya. Jangan kadang masuk, kadang tidak. Sebab, kondisi itu menyebabkan aden & enon masuk ke daftar backlist mahasiswa yang tidak lulus.

5. Berusaha Terlihat Pandai di Kelasnya

Cara terakhir hadapi dosen galak ialah dengan berusaha terlihat pintar di kelasnya. Meski tidak mengerti akan mata kuliah yang diajarkan si dosen, aden & enon jangan pernah sesekali menampakkan ketidakpandaian kamu. Selain itu, tunjukkanlah sikap aktif aden & enon selama mengikuti kelas si dosen.

(nha)