Yang namanya manusia, pasti tidak luput dari kesalahan. Meski demikian, ternyata ada juga kesalahan manusia yang awalnya dianggap tidak berguna justru menjadi bermanfaat di kemudian hari. Dilansir dari blog Juragan Berita, Kamis (5/3/2015), berikut adalah 5 kesalahan manusia yang ternyata bermanfaat.

1. Alat bantu jantung

Alat bantu jantung
Alat bantu jantung

Alat bantu jantung pertama kali ditemukan oleh Paul Zoll pada tahun 1952 dan terus dikembangkan. Suatu ketika Wilson Greatbatch melakukan sebuah penelitan terhadap pasien, tanpa disengaja Wilson melakukan sebuah kesalahan, dia memasang sebuah resistor yang berbeda ke tubuh pasienya tersebut, namun bukanya menimbulkan masalah, kesalahan tersebut malah menyadarkan Wilson mengenai sebuah alat yang hampir mirip dengan kinerja jantung, dari percobaan Wilson tersebut, dia bisa menemukan sebuah alat bantu jantung dan bahkan populer hingga sekarang ini.

2. Sabun berbusa

Sabun busa
Sabun busa

Awalnya pada tahun 1879 sabun itu tidak berbusa seperti sekarang. Akan tetapi semua berubah setelah seorang pegawai melakukan sebuah kesalahan. Dia meninggalkan sebuah mesin pembuat sabun disebuah pabrik untuk makan siang, dan akibat dari kecerobohannya tersebut sabun yang dihasilkan menjadi mengeluarkan busa. Namun ternyata, karena lebih efisien dan signifikan, kesalahan pegawai tersebut diacungi jempol oleh pemilik pabrik dan sampai sekarang sabun mengeluarkan busa.

3. Ban karet

Ban karet
Ban karet

Dulu sangat sulit untuk bisa menemukan sebuah ban yang tahan terhadap panas ataupun dingin, namun semua berubah setelah Charles Goodyear melakukan sebuah kesalahan, dimana dia menjatuhkan sebuah karet dan zat sulfur diatas kompor yang panas. Dari sinilah Charles menciptakan sebuah ban karet yang tahan panas ataupun dingin seperti yang banyak digunakan saat ini.

4. Menara Pisa

Menara Pisa
Menara Pisa

Salah satu kesalahan manusia yang sangat melegenda hingga sekarang adalah adanya menara Pisa di Italia. Menara ini dibangun oleh artsitek Bonnano da Pisa. Konon katanya arsitek tersebut salah dalam melakukan sebuah perhitungan mengenai kedalaman fondasi bangunan dengan tinggi bangunan, sehingga hal tersebut membuat fondasi menara Pisa tidak kuat dan bahkan dari tahun ketahun mengalami kemiringan, namun karena keunikan inilah menara Pisa hingga saat ini menjadi daya tarik para wisatawan.

5. Choco Chip

Chocochip
Choco chip

Choco Chip sebenarnya makanan yang bermula dari sebuah kesalahan seorang wanita bernama Ruth Wakefiled. Saat Ruth kedatangan para tamu yang sangat banyak, dia bingung dan sangat sibuk untuk menyiapkan sebuah jamuan, karena selain mengurusi tamu, wanita tersebut juga harus menangani masalah hotel yang dimilikinya. Kemudian karena Ruth terburu-buru, dia hanya membuatkan jamuan kepada para tamu dengan meletakan potongan cokelat padat ke atas sebuah kue, namun cokelat padat tersebut tidak meleleh, setelah itu Ruth menghidangkan cokelat tersebut seadanya kepada para tamu. Namun diluar dugaan para tamu tersebut melihat keunikan dari kue kering buatan Ruth, dan sangat suka dengan penampilan dan rasa khas yang dimiliki oleh kue tersebut. Itulah awal pembuatan Choco Chip. (tom)