Rata-rata manusia memiliki masa hidup hingga 80 atau 90 tahun. Namun, ada beberapa manusia di dunia ini yang diberikan umur lebih dari 100 tahun. Siapa saja mereka? Berikut 5 manusia tertua di dunia yang dihimpun JadiBerita.

1. Marie-Louise Meilleur

Marie-Louise Meilleur
Marie-Louise Meilleur

Marie-Louise Meilleur berusia 117 tahun 230 hari ketika meninggal pada tanggal 16 April 1998. Dirinya tercatat sebagai manusia tertua di dunia oleh Guinness World Records pada tahun 1998. Meilleur mengklaim bahwa hidupnya yang panjang adalah karena kerja keras yang baik. Dengan sepuluh anak dan dua pernikahan, jelas bahwa ia suka bekerja keras. Meilleur juga menikmati segelas anggur dan berhenti merokok ketika ia berusia 90 tahun, sekitar 27 tahun sebelum kematiannya.

2. Jeanne Calment

Jeanne Calment
Jeanne Calment

Jeanne Calment adalah wanita sekaligus manusia tertua yang pernah diverifikasi dan sejauh ini belum ada yang mendekati usianya yang 122 tahun 164 hari. Dirinya diklaim menjadi manusia tertua di dunia oleh Guinness pada tahun 1988 hingga tahun 1997. Calment memiliki kecerdasan tajam dan kebal terhadap stres. Calment naik sepeda, minum anggur sampai berusia 100 tahun dan merokok sampai lima tahun sebelum kematiannya. Ia mengatakan tertawa, beraktivitas dan perut yang kuat membantunya untuk hidup lebih lama.

3. Sarah Knauss

Sarah Knauss
Sarah Knauss

Sarah Knauss merupakan orang Amerika tertua dan pernah menjadi manusia tertua di dunia oleh Guinness pada tahun 1998. Pada saat kematiannya, ia berumur 119 tahun 97 hari. Putrinya menggambarkan dirinya sebagai seorang yang tenang dan mengatakan bahwa ini mungkin telah menjadi bagian dari rahasia hidupnya yang panjang.

4. Sakari Momoi

Sakari Momoi
Sakari Momoi

Pria asal Jepang ini dinobatkan sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness pada tahun 2014 lalu. Ajaibnya, pria ini masih hidup walau usianya sudah mencapai 112 tahun. Hingga saat ini, Momoi masih gemar beraktivitas agar menjaga tubuh dan pikirannya tetap bekerja, misalnya melempar bola dan menulis kaligrafi. Dengan demikian, dirinya bisa tetap sehat walaupun usianya tak lagi muda.

5. Misao Okawa

Misao Okawa
Misao Okawa

Sama seperti Sakari Momoi, Misao Okawa yang juga berasal dari Jepang mendapatkan gelar wanita tertua di dunia oleh Guinness. Dia juga baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-117 pada tanggal 5 Maret kemarin. Rahasia umur panjang Misao Okawa adalah makan makanan sehat dan tidur delapan jam setiap malam. (tom)