bersahabat

Bagi aden & enon yang berstatus mahasiswa/mahasiswi, pasti punya banyak teman dong di kampusnya. Jika iya, bagaimana hubungan kamu dan teman kampusmu? Akrab atau malah biasa saja?

Jika kurang akrab, aden & enon bisa kok mengikuti beberapa cara bergaul yang baik dengan teman kampus berikut. Dijamin, kamu dan teman-teman kampusmu bakal semakin akrab dalam bersahabat.

Inilah 5 cara bergaul yang baik dengan teman kampus yang dihimpun JadiBerita dari berbagai sumber, Rabu (11/03).

1. Tersenyumlah

Senyum adalah ibadah. Hal inilah yang selalu diterapkan oleh kita semua ketika bertemu dengan orang lain. Jika kamu ingin memiliki banyak teman di kampus, cobalah untuk tersenyum kepada mereka yang berada di area universitas. Tak hanya senyum saja, kamu juga bisa menegur mereka yang sedang melintas di hadapamu. Misalnya bertanya dia mau kemana.

2. Hindari perdebatan

Saat sedang berkumpul bersama teman kampus dan membahas suatu persoalan, terkadang perdebatan kerap muncul. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menghindari perdebatan yang dapat berujung pada adu argumen. Sebab, kondisi itu akan membuat lawan bicara merasa tidak nyaman.

3. Humor

Dalam berteman pasti akan lebih seru jika dikaitkan dengan guyonan alias humor. Apabila kamu punya sisi humor, itu akan menjadi nilai plus di mata teman kampus. Pasalnya, mereka akan tertawa geli saat mendengar candaan kamu. Tetapi, kamu jangan melontarkan humor yang melecehkan atau merendahkan orang lain ya.

4. Bicara yang sopan

Dalam ajaran agama, kita selalu diajarkan berbicara yang sopan kepada semua orang, tak terkecuali teman kampus. Ketika tengah berkumpul dengan teman kampus, usahakanlah kamu berbicara dengan nada sopan dan jelas dimengerti oleh mereka. Janganlah berbicara memakai nada tinggi atau kasar yang membuat teman kampusmu benci kepadamu.

5. Jadi pendengar yang baik

Terakhir, kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik saat teman kampusmu sedang bercerita. Ketika dia memintamu mendengarkan ceritanya, sebaiknya kamu fokus terhadap obrolan yang dia ceritakan. Kalau perlu, berilah saran atau solusi atas permasalahan yang ia hadapi. Dengan begitu, dia akan merasa bahwa kamu adalah pribadi yang tepat untuk diajak curhat.

(nha)