Alam memang seolah tak pernah berhenti untuk memperlihatkan keajaibannya. Kali ini, JadiBerita akan mengulas fenomena danau dengan bentuk aneh yang ada di muka bumi.

Mengapa dikatakan bentuk aneh? Lantaran danau-danau berikut berwujud tak sebagaimana danau pada umumnya. Ada yang berbentuk pistol, hati, maupun bulan sabit.

Terlepas dari itu semua, danau-danau ini terbentuk dengan proses alami maupun buatan. Dilansir merdeka, inilah 5 danau dengan bentuk aneh di muka bumi.

1. Danau Schulensmeer

Danau Schulensmeer
Danau Schulensmeer

Schulensmeer merupakan danau dengan bentuk aneh di muka bumi. Disebut aneh karena danau ini berbentuk pistol. Ternyata, bentuk pistol danau ini merupakan bagian dari promosi untuk film James Bond. Coba kamu lihat gambar di atas, bentuk danau berukuran panjang 2,5 kilometer itu mirip logo pistol yang muncul dalam film James Bond. Danau Schulensmeer dibangun pada tahun 70-an di Flandria, Belgia.

2. Danau Eros

Danau Eros
Danau Eros

Selanjutnya, Eros juga termasuk salah satu danau berbentuk aneh di dunia. Danau yang terletak di Chembra, Kerala, India ini mempunyai bentuk hati. Danau Eros memiliki luas sekitar 1.827 meter persegi dan berada di ketinggian 1.398 meter di atas air laut. Danau unik ini memiliki beberapa julukan, yaitu ‘Hridaya Saras’, ‘Hati Chembra’ dan ‘Danau Hati Chembra’.

3. Danau Peyto

Danau Peyto
Danau Peyto

Diperingkat tiga, Peyto pun menjadi salah satu danau dengan bentuk aneh di muka bumi. Danau yang berlokasi di kawasan Pegunungan Rocky Kanada ini memiliki bentuk seperti sosok beruang yang dilihat dari samping. Nama danau ini diberikan lantaran lokasinya berada di Peyto Creek, yang merupakan nama seorang pemandu sekaligus pemburu yang berasal dari Banff, yaitu Bill Peyto.

4. Danau Sao Paulo

Danau Sao Paulo
Danau Sao Paulo

Tak mau kalah, Sao Paulo juga menjadi danau berbentuk paling aneh di dunia. Lihat deh gambar di atas. Danau yang terletak di Sao Paulo, Brasil itu memiliki bentuk mirip seorang pria yang sedang terlentang, dengan kedua tangan terentang di atas kepala. Keberadaan danau Sao Paulo ini baru diketahui setelah satelit Google berhasil menangkap penampakannya.

5. Danau Yueyaquan

Danau Yueyaquan
Danau Yueyaquan

Terakhir, Yueyaquan juga masuk dalam kategori danau bentuk aneh di muka bumi. Kenapa dibilang aneh? Karena danau ini mempunyai bentuk seperti bulan sabit. Danau mungil ini berlokasi di tengah-tengah oasis Gurun Gobi, 6 kilometer dari kota Dunhuang di Provinsi Gansu, China bagian barat. Nama Yueyaquan sendiri diberikan dari zaman Dinasti Qing.

(nha)