pelajar (kompas)

Bagi para pelajar, libur sekolah adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Dengan liburan, para pelajar bisa bersantai-santai dan bebas melakukan kegiatan apapun di luar waktu sekolah.

Namun, saat liburan telah usai dan para pelajar diharuskan masuk sekolah kembali, mereka akan merasa kehilangan momen-momen asyik selama berlibur.

Mereka pun harus disibukkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan sekolah. Seperti dimuat Kaskus, Sabtu (14/03), inilah 5 hal yang dilakukan pelajar usai libur sekolah versi JadiBerita.

1. Beli Buku dan Alat Tulis Baru

Jelang masuk sekolah usai liburan, biasanya para pelajar akan membeli buku dan alat tulis yang baru. Hal ini dilakukan lantaran mereka ingin memberikan suasana baru untuk kegiatan belajarnya. Biasanya, para pelajar akan membeli buku tulis, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, ataupun sampul buku.

2. Mencari Buku Pelajaran

Karena sudah menghabiskan waktu libur sekolah yang cukup panjang, pasti para pelajar sudah lupa menaruh semua buku pelajaran. Sebagai persiapan masuk sekolah lagi, mereka pun akan disibukkan mencari buku pelajaran yang nantinya akan dipakai di sekolahnya. Biasanya, mereka akan mencarinya di rak buku, lemari, ataupun kolong tempat tidur.

3. Mencuci Sepatu

Selanjutnya, hal lain yang dilakukan pelajar usai libur sekolah adalah mencuci sepatu. Mereka pun akan semangat mencuci sepatunya hingga bersih. Hebatnya, para pelajar ini memilih mencuci sepatu dengan tangan daripada mesin cuci. Menurut mereka, mencuci sepatu dengan tangan memiliki kepuasan sendiri jika hasilnya mengkilat.

4. Beli Seragam Baru

Tak sedikit pula para pelajar yang membeli seragam baru ketika ingin masuk sekolah lagi. Walaupun seragam lama masih layak dipakai, tapi para pelajar akan lebih senang mengenakan seragam baru. Biasanya, seragam yang mereka beli meliputi baju, celana untuk murid laki-laki dan rok bagi murid perempuan.

5. Siapkan Jadwal Pelajaran

Terakhir, para pelajar juga akan mempersiapkan jadwal mata pelajaran yang akan dibawanya saat memasuki sekolah lagi. Tak jarang, mereka akan menulis ulang jadwal mata pelajaran. Hal ini dimaksudkan agar mereka tak kewalahan dalam mencari buku pelajaran apa yang harus dibawa.

(nha)