Selama beberapa bulan terakhir, Muse telah membuat penggemarnya penasaran tentang album baru mereka. Akhirnya, band Inggris ini mengumumkan bahwa album anyar mereka “Drones”, yang berisi 12 lagu, akan dirilis pada tanggal 9 Juni mendatang.

Lalu, apa sebenarnya makna dari album terbaru Muse ini? “Bagi saya, ‘Drones’ adalah metafora psikopat yang membuat prilaku kegilaan tanpa ada jalan lain,” kata sang vokalis Matt Bellamy dalam sebuah pernyataan dilansir dari ABCNewsradio, Senin (16/3/2015).

“Dunia ini dijalankan oleh ‘Drones’ menggunakan ‘Drones’ untuk mengubah kita semua menjadi ‘Drones’. Album ini mengeksplorasi perjalanan seorang manusia, dari ditinggalkan dan kehilangan harapan mereka, kemudian melalui fase indoktrinasi oleh sistem untuk menjadi drone manusia, sampai akhirnya mereka membelot dari penindas mereka,” jelas Matt.

Cover album Drones (Muse.mu)
Cover album Drones (Muse.mu)

Selain merilis album baru, Muse juga dikonfirmasi untuk melakukan tur pendek di Inggris. Tur tersebut bertajuk “The Psycho UK Tour”, yang akan berlangsung dari tanggal 15 Maret di Belfast, Irlandia Utara, hingga 23 Maret.

Sebagai info tambahan, berikut adalah judul 12 lagu yang ada dalam album terbaru Muse, “Drones”.

1. Dead Inside
2. [Drill Sergeant]
3. Psycho
4. Mercy
5. Reapers
6. The Handler
7. [JFK]
8. Defector
9. Revolt
10. Aftermath
11. The Globalist
12. Drones

Kemudian, di bawah ini adalah jadwal tur pendek mereka di Inggris.

3/15 — Belfast, Northern Ireland, Ulster Hall
3/16 — Glasgow, Scotland, Barrowland
3/19 — Newport, Wales, Newport Centre
3/20 — Exeter, England, The Great Hall
3/22 — Manchester, England, Manchester Academy
3/23 — Brighton, England, Brighton Dome

“Drones” sudah bisa dipesan (pre-order) mulai hari Kamis, 12 Maret kemarin, di situs Muse.mu. Muse juga telah merilis debut lagu “Psycho” di channel YouTube mereka. Sedangkan single resmi pertama mereka yang berjudul “Dead Inside” akan rilis tanggal 23 Maret mendatang. (tom)