Mungkin kamu pernah bermain sebuah benda yang bernama rubik. Biasanya, rubik yang paling banyak dimainkan adalah rubik berukuran 3x3x3 atau 5x5x5. Namun, pria yang satu ini mencoba hal yang lebih berani, yaitu bermain rubik dengan ukuran raksasa, tepatnya 17x17x17.

Berkat keterampilannya bermain rubik, seorang penggila rubik bernama Kenneth Brandon berhasil memecahkan rekor baru dengan menyelesaikan sebuah rubik raksasa itu ‘hanya’ dalam waktu 7 jam 30 menit.

Akhirnya, pria yang tinggal di Long Beach, California, Amerika Serikat (AS), itu mencatakan namanya di Guinness World Record sebagai pemain rubik terbesar versi kubus.

Dalam video yang diunggah di YouTube, Brandon (RedKB), mengaku menyelesaikan rubik tersebut dalam waktu 7 jam 30 menit, tetapi selama lima hari. Hal pertama yang dilakukannya adalah mengubah bagian tengahnya, kemudian pindah ke sisi luar.

“Cara Anda memecahkan sebuah rubik 17×17 sebenarnya sama seperti pada rubik 7×7 atau 5×5. Jika Anda bisa menyelesaikan satu dari dua rubik itu, maka 17×17 tidaklah sulit, tetapi memang sangat, sangat menjemukan,” kata Brandon seperti dilansir dari Sciencealert, Senin (16/3/2015).

Brandon mengklaim sebagai orang kedua yang mampu memecahkan teka-teki rubik kubus dengan ukuran besar setelah seorang pria bernama Aaron McDonald.

Brandon sendiri mengunggah dua video yang menggambarkan caranya menyelesaikan rubik raksasa itu. Yang pertama versi lengkap, yang berdurasi 7 jam 30 menit. Dan yang kedua versi ringkas, hanya berdurasi 6 menit.

Selain memperlihatkan cara memecahkan teka-teki bermain rubik, dia juga memberikan tutorial dan juga melakukan unboxing gadget-gadget baru.

Sebagaimana diketahui, permainan rubik kubus dirancang oleh Oskar Van Deventer. Permainan asah otak ini terdiri dari 1.539 bagian. Bahkan, sang pembuatnya juga mengaku kalau permainan rubik raksasa ini membuatnya pusing dan bingung.

Lihat aksi Brandon menyelesaikan rubik raksasa tersebut dalam video di atas. (tom)