5 film soal jakarta

Sebagai Ibukota Indonesia, Jakarta memang sangat menarik untuk dikulik lebih dalam. Baik itu dari sejarahnya maupun kehidupan di dalamnya.

Ternyata, kehidupan Jakarta pun bisa dibuat film yang bagus dengan jalan cerita menarik untuk disaksikan para penonton. Dilansir hai-online, Selasa (17/03), inilah 5 film yang berkisah soal Jakarta.

1. Sanubari Jakarta

Sanubari Jakarta
Sanubari Jakarta

Sanubari Jakarta sebenarnya adalah kumpulan film pendek dari sepuluh sutradara muda Indonesia. Film ini menceritakan 10 kisah tentang komunitas lesbian, gay, biseksual dan transeksual (LGBT) yang berdurasi masing-masing sepuluh menit. Adapun 10 judul di dalamnya yakni 1/2, Malam Ini Aku Cantik, Lumba-Lumba, Terhubung, Kentang, Menunggu Warna, Pembalut, Topeng Srikandi, Untuk A dan Kotak Coklat. Sedangkan para sutradaranya adalah Billy Christian, Aline Jusria, Tika Pramesti, Lola Amaria, Kirana Larasati, Alfrits John Robert, Adriyanto Dewo, Dinda Kanyadewi, Fira Sofiana dan Sim F.

2. Jakarta Maghrib

Jakarta Magrib
Jakarta Maghrib

Jakarta Maghrib yang dirilis pada 4 Desember 2010 adalah film yang dibintangi beberapa tokoh ternama misalnya Indra Birowo, Widi Mulia, Asrul Dahlan, Sjafrial Arifin, Lukman Sardi, Ringgo Agus Rahman, Deddy Mahendra Desta, Fanny Fabriana, Lilis, Reza Rahadian, Adinia Wirasti, dan Aldo Tansani. Film ini seolah ingin menonjolkan bahwa â??Maghribâ? sebagai bagian yang khas dari masyarakat urban Jakarta. Film ini dibagi 6 segmen yaitu Iman Cuma Ingin Nur, Adzan, Menunggu Aki, Jalan Pintas, Cerita Si Ivan, dan Baâ??da.

3. Jakarta Undercover

Jakarta Undecover
Jakarta Undecover

Selanjutnya, film yang berkisah soal Ibukota adalah Jakarta Undercover. Film yang disutradari oleh Lance ini menceritakan tentang kehidupan seorang penari (Luna Maya) yang harus melindungi adiknya yang secara tidak sengaja menyaksikan pembunuhan yang dilakukan tiga pemuda. Selama masa persembunyian, mereka harus melihat segala kehidupan bawah tanah di Jakarta yang penuh dengan pergaulan bebas, obat-obatan terlarang dan korupsi. Film yang rilis pada 2006 ini dibintangi oleh Luna Maya, Fachry Albar, Lukman Sardi, Christian Sugiono, Fauzi Baadila, Kensiro Arashi, Mario Lawalata, dan Hanung Bramantyo.

4. Belkibolang

Belkibolang
Belkibolang

Belkibolang merupakan sebuah film pendek yang merangkum sembilan cerita tentang cinta, hubungan, kepercayaan dan adrenalin di kota Jakarta. Belkibolang adalah singkatan “belok kiri boleh langsungâ?. 9 cerita tersebut diberi judul masing-masing Payung, Percakapan Ini, Mamalia, Planet Gajah, Tokek, Peron, Ella, Roller Coaster, dan Full Moon. Belkibolang diperankan oleh Marsha Timothy, Dwi Sasono, Deddy Mahendra Desta, Vindy, Sapto Soetardjo, Alexa, dan Panji Rahadi.

5. Selamat Pagi, Malam

Selamat Pagi, Malam
Selamat Pagi, Malam

Terakhir, film berjudul Selamat Pagi, Malam juga mengangkat kisah tentang kehidupan di Jakarta. Film arahan sutradara Lucky Kuswandi berfokus pada cerita tiga perempuan yang hidupnya berubah melalui pertemuan-pertemuan tak terencana di suatu malam di Jakarta. Film ini dibintangi oleh Adinia Wirasti, Ina Panggabean, Dayu Wijanto, Marissa Anita, Dira Sugandi, dan Trisa Triandesa.

(nha)