jiwa muda (seaandsalt)

Masa muda adalah masa dimana kamu bisa melakukan hal yang seru dan menyenangkan untuk dinikmati. Kendati demikian, kamu juga harus fokus untuk melakukan kegiatan yang berguna bagi masa depanmu kelak.

Jangan sampai kamu hanya melakukan hal-hal yang pada akhirnya merugikan diri sendiri. Dilongok hipwee, Rabu (18/03), inilah 5 hal yang wajib dilakukan saat masih muda.

1. Perbanyak Berkelana

Hal pertama yang wajib kamu lakukan selagi masih muda adalah perbanyak berkelana. Kamu bisa berkeliling kota ataupun negara sesuka hati. Tak hanya jalan-jalan saja, kamu juga bisa menjadikan kegiatan traveling itu sebagai pengalaman dalam mengorek hal-hal baru terhadap dunia.

2. Gendutkan tabunganmu

Kamu juga wajib menggendutkan tabunganmu saat masih muda. Hal ini dilakukan agar masa depan kamu terjamin. Belajar menabung dari usia muda akan sangat bermanfaat bagi hidupmu kelak. Kamu pun akan menjadi pribadi hemat dan mandiri.

3. Berteman dengan siapa saja

Janganlah memilih-milih teman dalam bergaul. Jangan pula memandang mereka dari segi fisik ataupun materi. Hal inilah juga yang wajib kamu lakukan selagi muda. Perbanyaklah memiliki teman di saat masih muda. Sebab, pertemanan yang luas tidak hanya akan memberikan manfaat di masa sekarang. Ini juga akan berguna untuk jangka panjang dalam hidupmu.

4. Temukan passion kamu

Selama masih muda, kamu wajib menemukan passion dalam diri kamu. Apabila kamu telah menemukan passion itu, kamu akan bisa menentukan karir dan jalan hidup yang tepat untukmu. Kamu bisa menemukan passion kamu dengan cara mengikuti ekstrakurikuler di sekolah, atau berkonsultasi pada guru pembimbingmu.

5. Jalin hubungan baik dengan orang tua

Orang tua adalah segala-segalanya bagi si anak. Jadi, menjalin hubungan baik dengan orang tua sangatlah wajib dilakukan oleh semua anak. Kamu bisa memulai menjalin hubungan baik dengan orang tua selagi muda dengan melakukan berbagai cara. Misalnya, menelpon beliau sembari bertanya kabarnya, ngobrol santai di rumah, ataupun membelikan barang kesukaannya.

(nha)