5 penulis

Tak jarang orang yang berkata bahwa menjadi penulis adalah profesi yang membosankan. Sebab, kita terus-terusan berkutat dengan tulisan dan ide yang nantinya harus dirangkai menjadi sebuah kalimat.

Tapi, pekerjaan penulis tidaklah seburuk yang dibayangkan. Jika kamu sudah tahu taktiknya, maka tak akan menemukan kendala yang besar.

Siapa sangka? Profesi penulis bisa mengantarkan kamu ke gerbang kesuksesan lho. Bahkan, kamu bisa meraup pundi-pundi dengan nilai fantastis hanya dengan menulis. Hal ini sudah dirasakan oleh para penulis berikut.

Dilansir solopos, Kamis (19/03), inilah 5 penulis novel muda terkaya di Indonesia.

1. Andrea Hinata

Andrea Hinata
Andrea Hinata

Aden & enon penggemar film Laskar Pelangi? Pasti tak asing mendengar nama Andrea Hinata. Pria ini adalah seorang penulis novel berjudul sama dengan filmnya. Tak hanya sukses menulis novel Laskar Pelangi, Andrea juga berhasil menulis cerita indah di novel Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Hebatnya, Andrea menjual lebih dari 600.000 copy eksemplar bukunya dengan total keuntungan lebih dari Rp 3,6 miliar. Bonus tambahannya dia menjual karyanya dengan harga Rp 25 juta untuk difilmkan.

2. Dewi â??Deeâ? Lestari

Dewi â??Deeâ? Lestari
Dewi â??Deeâ? Lestari

Wanita bernama Dewi Lestari ini juga berprofesi sebagai penulis novel yang cukup ternama di Indonesia. Dewi berhasil meraih keuntungan besar dalam menulis sebuah novel berjudul Supernova, Perahu Kertas dan Rectoverso, Ternyata, novel Rectoverso juga dirilis bersamaan dengan album solo Dee bertajuk sama. Semua lagu di album Rectoverso adalah gambaran setiap tulisan di bukunya. Usut punya usut, Dewi berhasil meraup pundi-pundi sebesar Rp 1,5 miliar dari seluruh novelnya.

3. Agnes Davonar

Agnes
Agnes Danovar

Selanjutnya, Agnes Danovar juga mencatatkan namanya sebagai salah satu penulis novel muda terkaya di Tanah Air. Lewat tulisan indah yang ia tuangkan di novel Buku Surat Kecil Untuk Tuhan, Agnes sukses menghasilkan Rp 700 Juta. Bahkan, 7 novel lain ciptaannya pun menjadi best seller di luar negeri. Agnes juga meraup uang lebih dari Rp 500 juta dari hak cipta novelnya. Tak cukup sampai disitu saja, Agnes pun mendapatkan akusisi blognya dari Garudafood lewat produk chocolatosnya dengan nilai sponsorship Rp 500 juta pertahun.

4. Raditya Dika

Raditya Dika
Raditya Dika

Memulai debut sebagai blogger ternyata mengantarkan Raditya Dika menjadi seorang penulis terkaya di Indonesia. Pria yang kerap disapa Radit ini berhasil membawa karya ciptaannya berjudul Kambing Jantan menjadi novel terfavorit dan mendulang pundi-pundi lebih dari Rp 500 juta. Selain menjadi penulis, Radit juga aktif sebagai pengisi acara, dan aktor dalam berbagai film.

5. Asma Nadia

Asma Nadia
Asma Nadia

Terakhir, Asma Nadia juga patut disebut sebagai penulis muda terkaya di Indonesia. Sejumlah tulisan Asma kerap diterbitkan di majalah hingga koran. Catatan Hati Seorang Istri merupakan novel best seller. Diketahui, Asma sukses meraup keuntungan mencapai Rp 300 juta dari karyanya yang beredar dan beberapa hak cipta film untuk novelnya. Semua tulisan Asma banyak memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pembacanya.

(nha)