mahasiswa

Saat hendak memasuki dunia perkuliahan, aden & enon diwajibkan memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah merupakan suatu hal yang sangat penting sebelum kamu menempuh studi di universitas.

Sejumlah faktor pun harus kamu pikirkan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Jangan sampai, kamu memilih jurusan kuliah yang salah. Pasalnya, kondisi itu akan berpengaruh pada kegiatan belajar kamu selama di kampus.

Dilansir Campus Grotto, Jumat (20/03/2015), inilah 5 tips pilih jurusan kuliah yang tepat.

1. Telusuri pilihan jurusan

Sebelum memutuskan memilih jurusan kuliah, kamu terlebih dulu harus telusuri pilihan jurusan yang akan kamu ambil. Kamu bisa membuat daftar jurusan yang menarik dan mencari tahu tentang hal-hal detail dari pilihan jurusan itu. Sebaiknya, pilihlah jurusan kuliah yang paling banyak memenuhi kriteria jurusan kesukaanmu.

2. Sesuaikan minat

Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan minat dengan jurusan yang akan kamu ambil. Jangan sampai kamu salah memilih jurusan. Yang ada malah terjadi ketidaksinambungan antara minat dan jurusan yang kamu pilih. Misalnya kamu suka dengan dunia kesehatan, kamu bisa memilih jurusan kedokteran.

3. Sesuaikan kemampuan

Selain minat, kamu juga harus menyesuaikan kemampuan diri apabila ingin memilih jurusan yang tepat. Hal ini bertujuan agar kamu bisa bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan selama kuliah.

4. Faktor uang

Ternyata, uang menjadi faktor terpenting ketika hendak memilih jurusan kuliah. Sebab, kamu harus memperhitungkan dengan baik dan matang berapa biaya yang akan dikeluarkan jika mengambil jurusan kuliah yang diidamkan. Jangan sampai uang yang kamu miliki tak mencukupi untuk membayar biaya akademis.

5. Lihat lowongan pekerjaan

Kamu bisa mencari tahu kira-kira jurusan yang kamu pilih sesuai tidak dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Jurusan kuliah yang kamu ambil hendaknya bisa mengantarkan kamu ke profesi yang layak. Pasalnya, kamu akan meneruskan ke dunia kerja pasca kamu lulus kuliah. Jadi, pikirkan dengan baik ya sebelum mengambil keputusan.

(nha)