Gerhana Matahari dari dalam pesawat (Daily Mail)

Gerhana Matahari baru saja terjadi di langit Eropa. Fenomena alam itu terlihat jelas di kawasan Norwegia & Faroe Island. Banyak orang berbondong-bondong melihatnya dari darat menggunakan teleskop. Bagaimana rasanya jika melihat gerhana tersebut dari langit dengan menggunakan pesawat? Keren!

Ya, hal ini lah yang dilakukan oleh pilot, kru dan para penumpang easyJet. Sang pilot  sengaja membawa pesawat berputar di atas kawasan Faroe Island agar penumpang bisa melihat fenomena ini.

Dalam kesempatan langka tersebut, para penumpang dalam penerbangan dari Inggris ke Islandia tersebut bisa menyaksikan gerhana Matahari yang terlihat lebih jelas dan langsung dari dalam pesawat, pada Jumat 20 Maret waktu setempat, kemarin.

Seperti dikutip dari Mirror, Sabtu (21/3/2015), awalnya kapal terbang easyjet dengan nomor penerbangan EZY6747 berangkat dari Belfast, Irlandia menuju Reykjavik, Islandia.

Pesawat lepas landas dari bandara di Belfast pukul 08.05 pagi waktu setempat. Dalam penerbangannya, pesawat ini melintas di kawasan Faroe Island, yang merupakan tempat paling tepat untuk melihat gerhana.

Pilot pesawat pun sengaja membawa pesawatnya berputar beberapa kali di atas kawasan Faroe Island. Hal ini dilakukan agar penumpang bisa melihat gerhana matahari langsung dari ketinggian sekitar 37 ribu kaki. Pemandangan gerhananya pun bersih tanpa tertutup awan.

“Kru pesawat kami melakukan manuver yang aman dan terkontrol, sehingga penumpang di kedua sisi bisa menyaksikan gerhana matahari tersebut,” demikian pernyataan dari pihak easyJet

Dua pesawat easyJet yang lepas landas dari Luton dan Manchester di Inggris juga melakukan hal yang sama. Aden dan Enon JBers mau coba? (rei)