Makanan mie instan sudah menjadi makanan pengganti makanan pokok di Indonesia, terutama bagi anak kos. Makanan sederhana satu ini tak pernah absen menghiasi sudut lemari makanan. Salah satu produk mie instan Indonesia, yaitu Indomie, berhasil menaklukan lidah manusia dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, di beberapa benua seperti Asia, Amerika hingga Eropa sudah mengakui bagaimana cita rasa Indomie bisa bersaing dengan makanan lainnya.

Membanggakan bagi Indonesia yang punya produk hingga menembus pasar dunia. Di balik kelezatannya, mi instan yang diproduksi PT Indofood Sukses Makmur ini memiliki fakta-fakta, yang menemani perjalanannya hingga kini. Berikut 5 fakta Indomie yang perlu diketahui. dilansir dari Feedid, Senin (23/3/2015).

1. Pendiri Indomie Sempat Jadi Orang Terkaya di Indonesia

Siapakah sosok dibalik mie instan Indomie? Dia adalah Sudono Salim. Ia adalah pengusaha Indonesia pendiri Grup Salim yang membawahi Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Hanurata, dan PT Waringin Kencana dan lain-lain. Pria kelahiran Tiongkok, 19 Juli 1916 ini dikenal luas sebagai pribadi yang dekat dengan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Pada tahun 2004, pria ini pernah dinobatkan Majalah Forbes sebagai orang terkaya ke-25 dari Asia Tenggara dengan nilai kekayaan sekira USD 655 miliar.

2. Sukses di berbagai Benua

Tak hanya di Indonesia, Indomie juga sukses mewarnai lidah para bule yang tinggal di beberapa negara. Seperti Amerika Serikat, Australia, Afrika serta negara-negara Eropa. Di Afrika dan Timur Tengah, seperti Sudan dan Libanon, Indomie selalu menghiasi di setiap toko retail dan super market. Dan yang menghebohkannya lagi, di Amerika Serikat, Indomie malah menjadi salah satu kado natal favorit. Demi memenuhi permintaan di berbagai belahan dunia itu, Indofood tak hanya mendatangkan produknya ke berbagai negara. Melainkan membangun pabrik di sejumlah negara lain dan menjalin kontrak perjanjian dengan berbagai perusahaan di sana untuk memproduksi Indomie.

3. Rekor Dunia

Indomie kian tersohor setelah memecahkan rekor dunia dari Guinness World Records, sebagai kemasan mie instan terbesar pada tahun 2005. Pada saat itu Indomie berhasil menciptakan paket kemasan Indomie dengan ukuran 3,4m x 2,355m x 0,47m, dengan berat bersih 664,938 kg. Ukuran itu memiliki 8 ribu kali berat standar sebuah paket mie instan. Selain itu juga Indomie mendapat penghargaan sebagai mie instan goreng yang mampu meraih volume penjualan terbesar 14,1% dari total industri.

4. Berbagai Macam Rasa

Indonesia yang kaya akan kuliner khas dari berbagai provinsi menginspirasi PT Indofood untuk membuat rasa yang serupa dari makanan khas Indonesia. Yang paling fenomenal yakni Indomie rasa rendang dan iga penyet. Hingga kini Indomie memiliki 62 cita rasa yang bisa dinikmati.

5. Mie Instan Terenak di Dunia

Dua rasa mie instan Indomie menjadi salah satu mie instan terbaik dunia. Hal ini diungkapkan oleh seorang yang bernama Hans Lienesch. Ia adalah orang yang sudah melahap lebih dari 1.100 jenis mie instan dari seluruh dunia dan me-review-nya di blog khusus tentang mi di theramenrater.com. Dua rasa Indomie yang jadi favorit Hans yakni Indomie Special Fried Curly Noodles dan Indomie Goreng Rasa Ayam Panggang, BBQ Chiken Flavor. Dalam tulisannya ia menyebut bahwa Indomie adalah mie instan paling enak yang pernah ia coba. “Truly the best instant noodles I’ve ever had. I love these”. (tom)