Selepas menang Piala Oscar di tahun 2014 berkat film “Dallas Buyers Club”, aktor Matthew McConaughey mulai membidik proyek-proyek film yang berdaya tarik tinggi. Salah satunya adalah film drama tentang skandal pertambangan emas yang diangkat dari peristiwa nyata, “Gold”. McConaughey akan ditemani oleh aktor asal Venezuela, dgar Ramirez, sebagai dua orang menelusuri hutan di Busang, Kalimantan Timur, Indonesia demi menemukan sumber tambang emas, namun berujung pada skandal penipuan yang besar.

Meski mengangkat soal tambang emas di sebuah hutan Indonesia, sayangnya Edward Ramirez dan Matthew McConaughey justru akan melakukan syuting di Thailand. Entah apa alasan sang pembuat film hingga bisa mengabil keputusan untuk syuting di Thailand dibandingkan langsung ke Indonesia, atau tepatnya di Kalimantan Timur.

Dilansir dari Deadline, Senin (23/3/2015), sineas pemenang Oscar, Stephen Gaghan (“Traffic”, “Syriana”) akan duduk di bangku sutradara berdasarkan skenario yang ditulis Patrick Massett dan John Zinman. Film ini akan berfokus pada kisah pemilik perusahaan Bre-X asal Kanada, David Walsh (McConaughey) bersama rekannya, ahli geologi Michael Acosta (Ramirez) dalam menindaklanjuti laporan ditemukannya emas melimpah di hutan Busang.

Di sisi lain, Edward Ramirez juga akan merilis film terbarunya bersama Jennifer Lawrence dalam “Daid O’Russel’s Joy”. Sedangkan Matthew McConaughey. menantikan dua filmnya yang akan rilis 2016 mendatang, yaitu “Kubo and the Two Strings” dan “The Free State of Jones”.

Film “Gold” sejauh ini belum ada kabar kapan dan oleh distributor mana film ini akan diedarkan, mengingat syutingnya baru akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang. Selain mengambil lokasi syuting di Thailand, film “Gold” juga akan mengambil lokasi syuting di New York dan juga New Mexico, Amerika Serikat. (tom)