Uniknya Kepiting Vampir dari Pulau Jawa

Kamu mungkin pernah mendengar istilah Vampir. Mendengar istilah itu, kamu pasti berpikir kalau Vampir itu adalah sesosok makhluk penghisap darah seperti yang ada di film-film. Namun bagaimana dengan kepiting vampir? Apakah kamu terbayang wujudnya?

Bisa jadi kamu beranggapan kalau kepiting vampir adalah seekor kepiting dengan gigi-gigi yang tajam seperti vampir dan siap menghisap darah manusia. Tentu saja tidak, hewan yang satu ini justru berbeda dan tidak seseram namanya.

Kamu bisa tenang sekarang, karena vampir satu ini tidak akan menghisap darah kamu. Bahkan makhluk yang satu itu terlihat sangat lucu. Spesies tersebut memang sedang populer untuk dijadikan hewan peliharaan yang siap beraksi di akuarium milikmu.

Hewan bernama latin Geosesarma dennerle dan Geosesarma hagen ini merupakan kepiting yang memiliki mata berwarna kuning. Kepiting tersebut pertama kali ditemukan di area tepian sungai di Pulau Jawa, Indonesia.

Rupanya asal usul pemberian nama Kepiting Vampir adalah karena warna tubuhnya yang berwarna cerah dan juga matanya yang berwarna kuning seperti vampir. Itulah mengapa hewan tersebut dinamakan Kepiting Vampir.

“Kepiting ini sangat spesial karena mereka ada di berbagai toko hewan selama sepuluh tahun ini,” ujar ahli akuarium Christian Lukhaup dari Waiblingen, Jerman, seperti dilansir dari National Geographic, Selasa (24/3/2015). “Namun, masih sedikit yang tahu dimana habitat asli hewan ini.”

Selain itu, warna cerah di tubuh vampir yang satu ini ternyata memiliki fungsi yang vital. Pasalnya, mereka menggunakannya sebagai alat komunikasi kepada kepiting lain. “Ini merupakan sebuah tahap evolusi yang menarik. Bahkan ketika kita menemukannya di daerah lain, mereka mempunyai warna yang berbeda pula,” imbuhnya.

Meski demikian, dikabarkan kalau spesies kepiting ini sedang terancam punah, karena itu kita harus bisa melestarikan hewan ini, mengingat hewan ini berasal dari negara kita sendiri. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Penyanyi Cantik dengan Dance Terbaik

Fakta Unik di Balik Nama-nama Daerah di Jakarta