5 film tentang persahabatan

Jika kita berbicara soal persahabatan, pasti selalu ada saja yang bisa dibahas. Persahabatan adalah sebuah hal yang paling indah dan tak bisa digantikan oleh apapun.

Seorang sahabat lebih berharga dari barang mewah sekalipun. Apalagi jika kita memiliki sahabat sejati yang selalu ada di kala suka dan duka.

Masih tentang pertemanan, ternyata sineas di Indonesia juga membuat film bertema persahabatan. Film-film ini bercerita tentang persahabatan yang tak lekang oleh waktu. Dilansir berbagai sumber, Selasa (24/03/2015), inilah 5 film terbaik bertema persahabatan.

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
Laskar Pelangi

Laskar Pelangi menjadi salah satu film terbaik bertema persahabatan. Film karya sutradara Riri Riza ini menampilkan jalan cerita dari 10 anak yang berjuang keras untuk menempuh pendidikan di tempat tinggalnya. Mereka yang berasal dari keluarga miskin bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan. Nama Laskar Pelangi sendiri diberikan oleh guru mereka bernama Bu Muslimah lantaran kesenangan anak-anak kepada pelangi. Lewat film ini, penonton bisa melihat bagaimana solidnya persahabatan ke sepuluh anak tersebut.

2. Mengejar Matahari

Mengejar Matahari
Mengejar Matahari

Mengejar Matahari juga termasuk ke dalam kategori film bertema persahabatan. Film yang dibintangi oleh Wingky Wiryawan (sebagai Ardi), Fedi Nuril (Nino), Udjo Project Pop (Apin), dan Fauzi Baadilla (Damar) berkisah tentang pertemanan empat pemuda miskin Jakarta dari kecil hingga remaja. Sedari kecil, keempatnya memiliki ritual bermain unik yang diberi nama mengejar Matahari. Ritual ini harus mereka lakukan dengan cara berlari dari satu titik ke titik lain di kompleks rumah susun tempat tinggal mereka. Selain itu, mereka juga saling bersaing siapa yang akan sampai terlebih dulu dan menjadi pemenang.

3. 5 cm

5 cm
5 cm

5 cm juga masuk sebagai film terbaik bertema persahabatan. Film yang dirilis tahun 2012 ini menceritakan tentang lima remaja bernama Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) yang telah menjalin persahabatan selama sepuluh tahun. Suatu ketika, kelimanya merasa jenuh dengan persahabatan mereka. Sehingga, mereka memutuskan untuk berpisah, dan tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya. Pasca tiga bulan terlampaui, mereka pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan menuju puncak tertinggi Jawa yaitu di puncak Mahameru.

4. Serigala Terakhir

Serigala Terakhir
Serigala Terakhir

Ale (Fathir Muchtar), Jarot (Vino G. Bastian), Lukman (Dion Wiyoko), Sadat (Ali Syakieb), dan Jago (Dallas Pratama) merupakan lima pemuda yang sudah lama bersahabat sejak kecil. Ketika tumbuh dewasa, mereka pun dihadapkan dengan sejumlah permasalahan dari mulai Jarot ditangkap polisi lantaran melakukan kesalahan, hingga Jarot dimusuhi teman-temannya lantaran masuk sebagai anggota pengedar narkoba. Ale dan kawan-kawan merasa Jarot sudah berkhianat. Meski begitu, mereka tetap meanggap Jarot sebagai teman. Serigala Terakhir ini pun sangat cocok dikategori sebagai film terbaik bertema persahabatan.

5. Catatan Akhir Sekolah

Catatan Akhir Sekolah
Catatan Akhir Sekolah

Jika membahas film bertema persahabatan, Catatan Akhir Sekolah patut untuk masuk dalam kategori tersebut. Film garapan Hanung Bramantyo ini berkisah tentang 3 remaja yang masih duduk di bangku SMU bernama Agni, Arian dan Alde. Di sekolah, mereka punya kepala sekolah yang selalu bertindak semena-mena. Untuk itu, ketiganya pun membuat sebuah film dokumentasi hingga kejahatan sang kepala sekolah pun terungkap. Tetapi, mereka menemukan kendala dalam proses pembuatan film ini. Meski begitu, segala rintangan berhasil mereka pecahkan dan berhasil membuat film dokumentasi itu.

(nha)