Masih ingat dengan wanita tertua di dunia asal Jepang yakni Misao Okawa? Ya, ia baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-117 pada 5 Maret lalu. Tampaknya predikat Misao sebagai wanita paling tua di dunia dapat dikalahkan oleh nenek asal Indonesia yang satu ini.

Nenek itu diketahui bernama Mak Anami. Ia merupakan warga Kampung Bungur Sarang, Purwakarta, Jawa Barat. Nenek yang akrab dipanggil Mak Inu tersebut diyakini sudah berusia 140 tahun.

Namun, sayangnya Mak Inu tidak memiliki akta kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Meskipun demikian, dilihat dari cerita dan keterangan anak-anaknya serta pengakuan dari penduduk sekitar, diyakini bahwa umur Nenek Inu nyaris berusia satu setengah abad.

Mak Inu mengungkapkan bahwa selama ia hidup dirinya sudah melihat banyak hal. Termasuk menyaksikan anak-anaknya dari suami pertama dan kedua meninggal. Selain itu, Mak Inu menceritakan saat masih muda masyarakat tidak bisa hidup tenang karena dijajah Belanda dan Jepang.

“Anak emak yang saat ini masih hidup adalah Mak Ara. Dia anak keempat dari suami saya yang kedua, Ki Umin. Usianya 70 tahun,” katanya dengan logat Sunda yang khas, seperti dikutip dari WowKerencom, Rabu (25/3/2015). “Anak-anak saya dari suami saya yang pertama sudah meninggal lebih dulu. Mak ingat mereka ikut melawan penjajah dengan bapaknya, meskipun sembunyi-sembunyi.”

Meski usia Mak Inu sudah mencapai ratusan tahun, namun kondisinya masih cukup prima. Bahkan, ia masih bisa menjahit dan menenun. Saat ini, Mak Inu sendiri sering dimintai tolong untuk mengobati orang sakit seperti memijat dan membuat obat tradisional.

Saat ditanya kepada Pjs Desa Cisarua, Dadan mengakui jika umur Mak Inu lebih dari 100 tahun. Namun, pemerintah desa tidak mempunyai catatan khusus sebagai bukti. Bahkan yang tercatat di desanya, Mak Inu berusia 75 tahun namun Dadan mengungkapkan bahwa itu bukanlah data asli usia Mak Inu.

Semoga saja akta Mak Inu bisa diketemukan dan bisa didaftarkan ke Guinness World Records sebagai manusia tertua di dunia. (tom)