soundtrack film animasi

Hadirnya film animasi memang membawa warna tersendiri bagi penikmat film. Apalagi, film animasi menampilkan jalan cerita yang bagus dengan ilustrasi gambar yang menarik. Tak heran jika film-film animasi sangat cocok ditonton semua kalangan.

Suksesnya film animasi pun ternyata berpengaruh besar terhadap soundtracknya. Soundtrack-soundtrack dari film animasi ini pun seolah kebagian sukses lantaran sering didengar dan diunduh oleh publik.

Hebatnya, soundtrack ini berhasil menjadi juara tangga lagu dan bertahan selama berminggu-minggu. Dilansir Kapanlagi, Rabu (25/03), inilah 5 soundtrack film animasi terlaris.

1. Frozen

Frozen
Frozen

Bukan hanya filmnya saja yang digemari semua kalangan, soundtrack dari animasi ini juga terbilang sukses merajai chart lagu. Frozen memiliki 3 lagu yang tergolong paling laris di tangga lagu yakni Let It Go, In A Summer dan Do You Want to Build a Snowman. Hingga sekarang, album Frozen telah mencapai angka 1 platinum di Amerika, terjual 1.400.000 kopi sejak dirilis pada Oktober tahun lalu.

2. Tarzan

Tarzan
Tarzan

Tarzan yang dirilis pada 1999 ini berhasil membuat keuntungan besar dalam industri film Hollywood. Bahkan, kesuksesan animasi ini mengangkat soundtracknya yang berjudul Two Worlds dan You’ll Be in My Heart menyabet penghargaan Oscar, Grammy dan Golden Globe. Lagu tersebut membawa pulang piala sebagai original soundtrack terbaik. Penjualan di pasaran pun cukup baik, dengan duduk di peringkat 5 tangga lagu Billboard.

3. Aladdin

Aladdin
Aladdin

Selanjutnya, soundtrack dari film animasi Aladdin juga diklaim paling laris sepanjang masa. Hebatnya, soundtrack film Aladdin bertengger menjadi nomor satu di tangga lagu Billboard. Adapun lagu-lagu terlaris dari Aladdin berjudul Arabian Nights, Friend Like Me hingga A Whole New World. Seolah sukses besar, lagu-lagu itu pun meraih 7 penghargaan di Grammy dan Academy Awards. Tak hanya itu saja, album ini bisa menghasilkan pemasukan USD 504 juta atau 5 triliun untuk keuntungan film.

4. Shrek 2

Shrek 2
Shrek 2

Setingkat lebih tinggi dari Shrek part 1, film animasi Shrek 2 memiliki soundtrack paling terlaris. Sebab, soundtrack bertajuk Accindentally In Love menjadi lagu favorit semua orang. Lagu ini memiliki irama dan nada yang seru. Sehingga membuat pendengar merasa ceria. Album ini berhasil masuk di top 10 Billboarad 100. Selain itu, soundtrack ini menjadi juara bertahan di kategori movie soundtrack.

5. The Lion King

The Lion King
The Lion King

Terakhir, film animasi The Lion King punya sejumlah lagu-lagu keren yang berhasil menjadi soundtrack terlaris. Lagu-lagu bertajuk seperti I Just Can’t Wait To Be King, Can You Feel The Love Tonight dan Hanuka Matata sukses menjuarai Billboard Amerika Serikat. Bukan hanya menjadi album paling laris di tahun 1994 saja, album ini pun menjadi satu-satunya album soundtrack yang meraih sertifikat diamond. Artinya, album ini berhasil mencetak rekor 10 kali mendapatkan platinum.

(nha)