Kuliner Palembang apa saja yang aden dan enon ketahui? Pempek? Tekwan? Selain pempek dan tekwan masih banyak, lho, kuliner dari kota Palembang. Ini dia list kuliner khas kota Palembang yang wajib dicoba oleh aden dan enon versi JadiBerita:

1. Model

Model berbahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk menyerupai pempek tahu kemudian dipotong kecil kecil dan ditambah kaldu udang sebagai kuah. Ada 2 jenis model, yakni Model Ikan (Model Iwak) dan Model Gandum (Model Gendum). Sebagai pelengkap, model disajikan dengan campuran timun, udang, jamur kuping, bawang goreng dan bihun atau soun, serta cuka jika aden dan enon suka untuk menambah citarasa.

2. Tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging durian yang ditumis beserta irisan cabai dan bawang, bentuknya seperti saus dan biasa disantap sebagai pelengkap makanan, rasanya unik dan gurih. Dalam menu restoran masakan khas Palembang, biasanya makanan ini dipadukan dengan ikan patin menjadi Patin Tempoyak.

4. Pindang

Hidangan pindang juga merupakan hidangan khas favorit yang digemari pecinta kuliner, pindang ini biasanya terbuat dari ikan patin atau tulang sapi dengan daging yang sedikit masih menempel yang direbus dengan bumbu asam pedas. Pindang sangat nikmat disantap bersamaan dengan nasi hangat.

4. Kue Delapan Jam

Sesuai namanya kue delapan jam ini memang dikukus sekitar 8 jam untuk menghasilkan warna coklat keemasan, kue ini berbahan dasar susu kental manis, telur bebek, mentega, susu bubuk putih dan gula. Makanan ini sangat cocok bagi aden dan enon yang menyukai rasa manis.

5. Burgo

Burgo merupakan makanan berbahan dasar tepung beras dan tepung tapioka yang dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris-iris untuk kemudian dinikmati dengan kuah santan. Burgo Palembang ini dapat disajikan dalam segala kesempatan, namun biasanya dijadikan sebagai sarapan pagi di Palembang. (anb)