Saat ini, semakin banyak kendaraan bermotor yang berkeliaran dan berlalu lalang di jalan raya. Banyak masyarakat yang memilih kendaraan bermotor sebagai penunjang aktivitasnya yang menuntut mobilitas yang tinggi. Kendaraan bermotor juga dinilai lebih hemat, baik biaya maupun waktu. Apakah aden dan enon termasuk pengendara motor rutin? Barang-barang ini haram hukum kalau tidak dibawa oleh pengendara motor, versi JadiBerita:

1. Surat-surat Kelengkapan

Sekarang razia ada dimana-mana, bahaya banget kalau sampai surat-surat kelengkapan berkendar sampai tidak dibawa. Surat-surat kelengkapan seperti STNK dan SIM merupakan hal terpenting yang harus dibawa pengendara motor. Kalau sampai kamu terjaring razia dan kedapatan tidak membawa surat-surat tersebut, tiada ampun deh, den, non.

2. Helm

Sama seperti surat-surat kelengkapan yang wajib banget dibawa, helm juga demikian. Helm merupakan salah satu benda yang dijadikan objek dalam razia pengendara sepeda motor. Tapi sebenarnya maksud polisi baik kok, beliau-beliau ingin agar kalian meningkatkan keamanan bagi diri kalian sendiri.

3. Jaket

Kalau barang yang satu ini sudah tidak ada hubungannya dengan razia dan polisi, tapi alangkah lebih baik kalau aden dan enon mengenakan jaket saat berkendara. Karena untuk melindungi dada kalian yang akan diterpa angin saat berkendara. Ini juga demi kebaikan kalian, lho.

4. Sarung Tangan

Sarung tangan ini merupakan pelengkap dari poin nomor 3 di atas. Sarung tangan berguna buat melindungi tanganmu dari sengatan sinar matahari. Kalau kamu berkendara disiang hari yang panas terik sinar mataharinya saat itu gak baik, lho, untuk kulitmu. Saat itulah kamu membutuhkan sarung tangan ketika berkendar.

5. Jas Hujan

Poin terakhir juga merupakan poin penting. Jas hujan! Saat ini sulit sekali memprediksi cuaca dibelahan bumi. Jangan sampai hujan menghambat aktivitas dan mobilitasmu ya, den, non. Apalagi hujan datang disaat kamu sedang dikejar waktu, dengan jas hujan kamu tetap akan bisa melenggang ke tempat tujuanmu. (anb)